Analisis Faktor Fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini dengan Metode Structural Partial Least Square
Abstract
Fasilitas pendidikan dalam proses pembelajaran di sekolah diyakini mampu meningkatkan prestasi dan kualitas siswa. Dengan fasilitas sekolah yang mendukung siswa untuk belajar mandiri dan tidak hanya mengandalkan proses belajar mengajar di sekolah. Penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara ketersediaan fasilitas pendidikan, kondisi fisik, kebutuhan siswa dan juga kebutuhan tenaga pendidik di fasilitas pendidikan. Metode yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) berdasarkan varian yaitu Partial Least Square (PLS). SEM dengan variance-based PLS dapat menangani dua kondisi yaitu kondisi dengan faktor yang tidak ditentukan dan kondisi dimana solusi tidak dapat diterima. Penelitian ini menggunakan program komputer pintar PLS 4.0 dan menentukan variabel yang signifikan pada fasilitas pendidikan (Y) di TK Kec. Tarogong Kidul di Garut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh variabel yang paling mempengaruhi adalah kondisi fisik dan kebutuhan tenaga pendidik.
Downloads
References
Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.3 3
Arwood, Elizabeth, Kaulitz, dan Brown (2009). Visual Thinking Strategies for Individuals with Autism Spectrum Disorders: The Language of Pictures. https://books.google.co.id/books?id= 3VEReobLHxUC
Daniel, M. F., & Delsol, A. (2005). Learning to dialogue in kindergarten. A case study. Analytic Teaching, 25(3), 23–52. https://journal.viterbo.edu/index.php/ at/article/view/826/590
Fitriani, Fajriah, dan Rahmita, 2019 Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247, "Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini.".
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.1 97
Franco, M., & Unrath, K. (2014). Carpe Diem: Seizing the Common Core with Visual Thinking Strategies in the Visual Arts Classroom. Art Education, 67(1), 28–32. https://doi.org/10.1080/00043125.201 4.11519255
Hojnoski, R. L., Columba, H. L., & Polignano, J. (2014). Embedding Mathematical Dialogue in Parent- Child Shared Book Reading: A Preliminary Investigation. Early Education and Development, 25(4), 469–492.
https://doi.org/10.1080/10409289.201 3.810481
Huh, K. (2016). Visual Thinking Strategies and Creativity in English Education. Indian Journal of Science and Technology, 9(S1), 1–6. https://doi.org/10.17485/ijst/2016/v9i s1/109885
Karima, R., & Kurniawati, F. (2020). Kegiatan Literasi Awal Orang Tua pada Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 69–80. https://doi.org/10.14421/al- athfal.2020.61-06
Krismasari Dewi, N. N., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.2236 4
Mussa, M. A., & Al-Jaafari, S. H. K. (2021). Building a Visual Thinking Test for Kindergarten Children. Multicultural Education, 7(2), 382–393.
Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 3(2), 94. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaud trunojoyo/article/download/3490/257 3https://doi.org/10.5281/zenodo.45561 69
Mustary, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Bahasa Dengan Metode Dialog Reading: Penelitian Subjek Tunggal Pada Murid TK A PAUD Anak Ceria Surabaya. Indonesian Journal of Islamic Counseling, I, 123–134.
https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.ph p/ijic/article/view/1583/771
Rachmawati, D. L., Hastari, S., & ... (2022). Strategi “Dialogic Reading” Untuk Meningkatkan Interaksi Guru Dan Siswa Pada Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat …, 6(3), 2332–2345.
http://journal.ummat.ac.id/index.php/j mm/article/view/8513%0Ahttp://jour nal.ummat.ac.id/index.php/jmm/articl e/download/8513/pdf
Rosalina, A. (2011). Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Psycho Idea, 1, 19–35.
http://jurnalnasional.ump.ac.id/index. php/PSYCHOIDEA/article/view/239
Setianingsih dan Suparno (2019). Pengajaran bahasa sebagai interaksi kelompok dalam membaca buku dialogik di kelas usia dini. 296(Icsie 2018), antara 247 dan 249.https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.43
Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia
Sriyanto, S., Febrianta, Y., & Yuwono, P. H. (2019). Strategi Berpikir Visual bagi Peserta Didik Gangguan Kecemasan Sosial untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 3(1), 6
Copyright (c) 2023 Rivo Pandji Yudha, Novi Andriyati Noza
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.