Peran Orang Tua Dalam Kegiatan Bermain untuk Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga

  • Ikbal Tawakal Universitas Pendidikan Indonesia
  • Euis Kurniati Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran orang tua dalam kegiatan bermain untuk anak usia dini di lingkungan keluarga. Metode dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode studi pustaka. Metode studi pustaka adalah metode yang mengumpulkan data dengan cara mengkaji, menganalisis, serta menelaah berbagai sumber karya ilmiah seperti buku, jurnal, maupun jenis informasi data-data lain yang dapat mendukung dalam penelitian. Pada penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan bermain merupakan kegiatan yang erat kaitannya dengan kehidupan anak. Bermain memberikan manfaat dalam mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. kegiatan bermain bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, baik itu di luar rumah maupaun melakukan kegiatan bermain di dalam rumah. Oleh sebab itu, maka dibutuhkannya dukungan dan kesadaran dari lingkungan keluarga khususnya orang tua dalam membantu dan memfasilitasi anak dalam melakukan kegiatan bermain.  

Keywords: Anak usia dini, bermain, orangtua

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elfiadi, (2016). Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Itqan: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, VII (1), 51-60.

Eliasa, E. I. (1988). Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.

Eni, K., Ali, M., & Lukmanulhakim. (2021). Permainan ular naga untuk pengembangan sosial pada anak usia dini di desa sungai deras kecamatan teluk pakedai kabupaten kubu raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 10(2), 9.

Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (01), 27-36.

Hamalik, O. (2007). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hartatiti, S. C. Y., Priambodo, A., Djawa, B., & Prakoso, B. B. (2018). Building Cooperation Interpersonal Skill in Physical Education Lessons Through Traditional Game. 87–94. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.57

Eliasa, E. I. (1988). Pentingnya Bermain Bagi Anak Usia Dini. Universitas Negeri Yogyakarta.

Eni, K., Ali, M., & Lukmanulhakim. (2021). Permainan ular naga untuk pengembangan sosial pada anak usia dini di desa sungai deras kecamatan teluk pakedai kabupaten kubu raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 10(2), 9.

Fatimah, E. R., Diana, R. R., Pendidikan, P., Anak, I., Dini, U., Islam, U., Sunan, N., Tua, O., Kognitif, P., & Dini, A. U. (n.d.). Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Kabupaten Purworejo. 33–43.

Hartatiti, S. C. Y., Priambodo, A., Djawa, B., & Prakoso, B. B. (2018). Building Cooperation Interpersonal Skill in Physical Education Lessons Through Traditional Game. 87–94. https://doi.org/10.2991/isphe-18.2018.57

Hayati1, S. N., & Khamim Zarkasih Putro2. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Itqan, 7(1), 1–187.

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Irmayanti, Y. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Prasekolah. 6(01), 32–40.

Juniarti, Y., & Nurlaeni. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), 51–62. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud

Murtiningsih, D. (2013). Peran Orangtua Dalam Kegiatan Bermain Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Di Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2), 1–21.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Journal.Uny.Ac.Id, 02.

Purnomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34–47.

Sari, D. (2017). Peran Orangtuan dalam Memotivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017, November, 1–43.

Suhati, S., & Islami, C. C. (2018). Pengaruh Peran Orangtua Melalui Kegiatan Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 58–65. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/436

Widianto, E. (2015). Peran orang tua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(1), 31–39.

Published
2022-12-26
Abstract viewed = 955 times
pdf downloaded = 337 times