Pengaruh Peran Orangtua Melalui Kegiatan Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran serta orangtua melalui kegiatan parenting terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis One Group Pretest Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas A RA Nurul Mubarok. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang diisi oleh orangtua siswa untuk mengukur perkembangan social emosional anak. Analisis data digunakan aplikasi statistic SPSS. Untuk instrumen kuesioner diperoleh nilai thitung = 0,00 dengan taraf signifikansi 0,05. Jika thitung < 0,05 maka Ho ditolak dan H1 diterima. Karena thitung < 0,05, maka H1 diterima, artinya terdapat pengaruh antara peran serta orangtua melalui kegiatan parenting terhadap perkembangan social emosional anak usia dini.
Downloads
References
Anwar & Ahmad, (2007), Pendidikan Anak Dini Usia, Alfabeta, Bandung.
Asfandiyar, Yudha. Cara Kreatif Mendidik Anak. Jakarta: Kaifa.
Asmoro, Achmadi. (2008). Filsafat Umum. Jakarta: PT Raja Grafindo Pustaka.
Edrward, Drew. C. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur. Bandung: PT Mizan Utama.
Gordon, T. (1993). Menjadi Orangtua Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Hasbullah. Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Pustaka.
Hoghughi, M. (2004). Parenting-An Introduction. WWU: Journal of Cross Cultural Pschycology.
Surbakti. (2012). Parenting anak-anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Goleman, D.(2009). Emotinal intelegence kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi (terjemahan T.Hermaya). jakarta : PT. Gramedia pustaka utama.
Maimunah Hasan. (2009). PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press. Hal.16
Sasongko, Sri. (2009). Konsep dan Teori Gender. Jakarta: BKKBN
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Cara Mudah Menyusun : SKRIPSI, TESIS, dan DISERTASI. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiono. (2015). Metode penelitian kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Supartini, (2004). Buku Ajar Dasar Konsep Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.
Surbakti, Irfan. Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Yamin, Martinis. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Copyright (c) 2018 Suhati Suhati1, Chitra Charisma Islami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.