Pola Asuh Terhadap Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

  • Mutiara Efendi Universitas Mulawarman
  • Yusrina Nadila Putri
  • Nur Azizah Baitul Atiq Universitas Mulawarman
  • Putri Ramadani Sarah Universitas Mulawarman
  • Adharina Dian Pertiwi
  • Hasbi Sjamsir

Abstract

Pola Asuh Anak dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Hiperaktif. Suatu kondisi perhatian dan hiperaktivitas disebut Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Anak-anak dengan ADHD berjuang untuk mempertahankan kendali diri, kesulitan memusatkan perhatian atau memperhatikan, dan menunjukkan perilaku hiperaktif dan impulsif. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pola asuh dari anak ADHD dari dua subjek yang dilihat dari segi lingkungan sekolah dan lingkungan rumah, serta cara penanganan terhadap anak ADHD. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diberikan orang tua kepada anak gangguan ADHD sangat berpengaruh terhadap semua aspek perkembangan anak. Hal ini karena pola asuh yang kebanyakan diterapkan oleh orang tua ialah pola asuh otoriter dan permisif. Dengan begitu orang tua sehendaknya dapat menerapkan pola asuh demokratis terhadap anak sehingga dapat mengetahui segala perkembangan anak.

Keywords: Pola Asuh, Anak Usia Dini, ADHD

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R. (2018). Intervensi terhadap Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan ADHD Melalui Pendekatan Kognitif Perilaku dan Alderian Play Therapy. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 27. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.4

Anggraeni, A. D. (2019). Studi Fenomenologi: Pola Asuh Orangtua Pada Pembelajaran Motorik Halus Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) Usia Pra Sekolah. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 10(2), 106–109. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i2.89

Anjani, A. T. (2008). Studi Kasus tentang Konsentrasi Belajar pada Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di SDIT At-Taqwal Surabaya dan SDN V Babatan Surabaya. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 1(2), 125–135. https://www.neliti.com/id/publications/246580/studi-kasus-tentang-konsentrasi-belajar-pada-anak-adhd-attention-deficit-hyperac

Erinta, D., & Budiani, M. S. (2012). Efektivitas Penerapan Terapi Permainan Sosialisasi Untuk Menurunkan Perilaku Impulsif Pada Anak Dengan Attention Deficit Hyperactive Disorder (Adhd). Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 3(1), 67. https://doi.org/10.26740/jptt.v3n1.p67-78

Fadillah, I., & Simatupang, D. (2021). Kemampuan Menulis Anak Hiperaktif “Studi Kasus Di TK Cemara Islami Plus.” Universitas Hamzanwadi, 5(02), 129–138. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3377

Fitriani, M. D., Fatimah, S., & Nurlita, L. (2010). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Yang Terdeteksi Dini Mengalami Gpph Di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini Se-Desa Hegarmanah. 2349–2351.

Hayati, D. L., & Apsari, N. C. (2019). Pelayanan Khusus Bagi Anak Dengan Attentions Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Di Sekolah Inklusif. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 6, 108–122. http://journal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/22497

Huda, N., & Istiklaili, F. (2017). Hubungan antara Hipotyroid dengan Kasus ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) pada Anak Usia Dini di area Pertanian Bawang Kabupaten Brebes. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1(0), 36–43. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2172

Islam, U., Sultan, N., Kasim, S., Memenuhi, U., & Syarat, S. (2019). No. 3775/BKI-D/SD-S1/2019. 3775.

Puji Utami, R. D. L., Safitri, W., Bumi Pangesti, C., & Rakhmawati, N. (2021). Pengalaman Orang Tua Dalam Merawat Anak Dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd). Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 12(2), 222–230. https://doi.org/10.34035/jk.v12i2.772

Putra, A. P. (2018). Meningkatkan Kreativitas Anak Dengan Adhd Melalui Literasi. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 354–370. https://doi.org/10.36768/abdau.v1i2.20

Putri, D. N. A., Kandhyawati, A. A. A. S., & Kurniawan, C. D. (2019). Pola Asuh Pada Anak Dengan Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas (Gpph) Di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar. Jurnal Medika Udayana, 8(8), 1–7. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum

Putri, I. A. D., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2020). Penyesuaian diri orangtua dengan anak yang mengalami gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Jurnal Psikologi Udayana, 20–27.

Rahmani, S. N. M., Kusumawicitra, T., & Karyani, U. (2022). Studi Kasus Anak dengan Gangguan ADHD (Attention Dificit Hyperactivity Disorder) yang Sedang Menjalani Terapi di Pusat Layanan Disabilitas. Seminar Nasional Psikologi.

Rosyad, A., & Tarihoran, N. (2022). MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Journal Of Innovation Research And Knowledge, 2(3), 591–600. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/3114

Satwika, Y. W., Satiningsih, Siti Ina Savira, Miftakhul Jannah, & Ira Darmawanti. (2022). Pelatihan Deteksi Dini Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada Guru KB-TK Labschool Unesa. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(1), 13–17. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i1.96

Setyawan, A. B. (2022). ASPEK NEUROLOGIS ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER ( ADHD ) Agung Budi Setyawan Bagian Psikiatri Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya kusuma Surabaya ASPECT NEUROLOGICAL ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER ( ADHD ) Agung Budi Setyawan. Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, 13. https://journal.uwks.ac.id/index.php/jikw/article/download/78/78

Simatupang, Dorlince & Ningrum, E. P. (2020). Studi tentang perilaku hiperaktif dan upaya penanganan anak di TK Pembina Tebing Tinggi. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 31–39.

Sugiyo, D. M. (2018). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(2), 70–80.

Wakhaj, N. I. U., & Rofiah, N. H. (2018). Perilaku Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Peserta Didik) Di Kelas Iv Sd Negeri Gejayan. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(1), 64. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i1.71

Widodo-etAll, A. (2017). HIPERAKTIF, HUBUNGAN SOSIAL dan POLA ASUH ANAK TKW (STUDI DESKRIPTIF POLA ASUH dan PERKEMBANGAN SOSIO- EMOSIONAL ANAK TKW DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH). Jurnal Cakrawala, 1–24.

Widodo, A., Rahmatih, A. N., Novitasari, S., & Nursaptini, N. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di Madrasah Inklusi Lombok Barat. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 145–154. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4434

Published
2022-12-30
Abstract viewed = 4409 times
PDF downloaded = 2155 times

Most read articles by the same author(s)