Pengaruh Pola Asuh Terhadap Sosial Emosional Anak Kembar.

  • Andi Dea Aprilliyani Universitas Mulawarman
  • Dian Wahyu Putri Bintang Universitas Mulawarman
  • Mania Natasya Juliani Keni Universitas Mulawarman
  • Wanda Lestari Universitas Mulawarman
  • Hasbi Sjamsir Universitas Mulawarman
  • Adharina Dian Pertiwi Universitas Mulawarman

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penilitian ini adalah untuk melihat dampak dari pemberian pola asuh, perbedaan karakter dan perilaku anak yang ditemukan, nilai karakter apa yang diberikan atau didapat serta akibat apa yang diperoleh dari pola asuh yang diterapkan oleh orang tua anak. Metode penilitian yang digunakan dalam penilitian ini ialah menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan teknik wawancara terencana yaitu pewawancara menyiapkan pedoman wawancara dan melakukan observasi secara langsung. Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua anak yaitu pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Pada anak kembar subyek pertama peneliti menemukan bahwa orang tua sang anak menerapkan pola asuh demokratis yaitu adanya musyawarah di dalam keluarga, pengarahan anak dari dan pada anak kembar subyek kedua peneliti menemukan bahwa orang tua sang anak menerapkan pola asuh permisif yaitu memberikan kebebasan dan keterbukaan pada sang anak serta mengizinkan anak melakukan kegiatan yang ia inginkan. Peneliti juga menemukan kesamaan pada kedua obyek yaitu terdapat sibling rivalry diantara keduanya. 

Keywords: anak kembar, pola asuh, Sibling Rivalry

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abarca, R.M. (2021) ‘PERKEMBANGAN BAHASA’ , .

Amelia, D. (2021) ‘Pola Asuh Orang Tua Terrhadap Anak Kembar Dalam Menanamkan Karakter Anak’ Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Bnten.

Bun, Y., Taib, B. and Mufidatul Ummah, D. (2020) ‘Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak’, Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), pp. 128–137.

Dewi, A.D. and Pratisti, W.D. (2022) ‘Miopia pada Anak Kembar Penyandang Low vision’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), pp. 3981–3991.

Endang Hadiati, Sumardi, S.M. (2021) ‘Pola Asuh Otoriter Dalam Perkembangan’, Jurnal Pendidikan, 5(2), pp. 68–79.

Fimansyah, W. (2019) ‘Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak di Era Globalisasi’, Primarry Education Journal Silampar, 1(1), pp. 1–6.

Fuadia, N. (2022) ‘Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Dini’, Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), pp. 31–47.

Hamdianty, P.D. (2020) ‘KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL STUDI PERILAKU SIBLING

Hasiana, I. (2021) ‘Hubungan Pola Asuh Permisif Terhadap Perilaku Prososial Anak Kelompok B’, Jurnal Cikal Cendekia, 02(01), pp.

Herdian, H. and Wulandari, D.A. (2014) ‘Bentuk Perilaku Sibling Rivalry Pada Anak Kembar Berdasarkan Pengasuhan Orangtua’, Psycho Idea, 12(2), pp. 12–21.

Khadijah and Armanila (2015) Permasalahan anak usia dini.

Lestari, S. and Widyawati, Y. (2018) ‘Gambaran Parenting Stress Dan Coping Stress Pada Ibu Yang Memiliki Anak Kembar’, Journal Psikogenesis, 4(1), p. 41.

‘Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak Kembar Dalam Menanamkan Karakter Aanak’ (2018) SKRIPSI, 35, pp. 1–98.

Prasasasti, S. and Wahyun, H. (2018) ‘Peran Orang Tua dalam Penanganan Anak Hiperaktif’.

Puspita Sari, C.W. (2020) ‘Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak’, Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), pp. 76–80.

Ruben, F.A. (2013) ‘Pengalaman Ibu Yang Mengasuh Anak Kembar Identik Sebuah Studi Interpretative Phenomenological Analysis’, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, pp. 1–19.

Setiawan, A. (2019) ‘Bab Ii Landasan Teori’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 8–24.

Sunariyadi, N.S. and Yuni Andari, I.A.M. (2021) ‘Implikasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Penumbuhkembangan Karakter Anak Usia Dini’, Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), pp. 49–60.

Wicaksana, A. (2016) "faktor-faktor slibing rivalry anak kembar"

Wulandari, S.W.A., Soetjiningsih, C.H. and Kristianingsih, S.A. (2014) ‘Hubungan Persaudaraan (Sibling Relationship) pada Anak Kembar Berjenis Kelamin Sama’, (c), pp. 1–

Published
2022-12-25
Abstract viewed = 630 times
pdf downloaded = 522 times