Analisis Teknik Webbing untuk Meningkatkan Creative Problem Solving Mahasiswa Pendidik Guru PAUD Menggunakan Kurikulum Merdeka

  • Melia Eka Daryati Universitas Bengkulu
  • Didik Suryadi Universitas Bengkulu

Abstract

Penelitian ini didasari dari kerangka pembelajaran paradigma kurikulum baru di PAUD yang menuntut pendidik harus lebih kreatif dalam merencanakan dan mengimplementasikan kurikulum merdeka. Kurikulum yang lebih memerdekakan tema pembelajaran kedalam topik kegiatan pengajaran menjadi suatu masalah bila pendidik tidak dapat mengembangkannya. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana proses pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka melalui teknik webbing untuk meningkatkan creative problem solving mahasiswa pendidik guru PAUD dalam mengembangkan tema melalui teknik webbing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis metode deskriptif survei. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan tema melalui teknik webbing dengan tahapan memilih topik sebagai tema,  brainstorming tentang tema, mencari literature,  mengembangkan tema besar menjadi tema kecil, menyusun konsep pengetahuan, menentukan puncak tema.

Keywords: Teknik Webbing, Creative Problem Solving, Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas, B. S. N. (2006). Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional, 021, 9–27.

Faris, A., & Lestari, A. F. (2016). Pengembangan Tema Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Teknik Komputer, 2(1), 59–67.

Kemendikbud. (2015). Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Anak Usia Dini Pendidikan. 021, 1–34. https://drive.google.com/file/d/0B-1xIqIGe4j8c0hIYU9pcmM1YVk/view

Kemendikbud. (2019). Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. 021, 6–7.

Maryatun, I. B. (2013). Pengembangan tema pembelajaran untuk taman kanak-kanak. 41–47.

Matondang, M. (n.d.). Penerapan Metode Brainstorming Dalam Perancangan Produk Pochade. https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1071

Nurani Sujiono, Y., & Dasar, K. (2013). Edisi Revisi Cetakan Ke VIII Pendidikan Anak Usia Dini.

Nurlaili. (2018). Diktat evaluasi pembelajaran AUD. UIN Sumatera Utara.

Pendidikan, K., Kebudayaan, D. A. N., Anak, P., Dini, U., & Informal, D. A. N. (2014). Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini. 021, 1–34. https://drive.google.com/file/d/0B-1xIqIGe4j8c0hIYU9pcmM1YVk/view

Rukajat, A. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Deepublisph.

Sakinah Mawadah R. (2017). Literatur Untuk Literasi Anak Sejak Dini : Studi Kasus Penerbit Rabbit Hole.

Sri Utami. (2012). Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Pendekatan Tematik Dalam Upaya pembinaan Sikap Cinta Tanah Air. .

Studi, B. T., Penulis, P., & Desain Grafis, T. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. . Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif. Alfabeta.

Suminah, E. dkk. (2015). Kurikulum Pendidikan PAUD: Apa, Mengapa dan Bagaimana. 021.

Zuhri. (2018). Sketsa-Penilaian-Siswa-Converted. PKBM Harapan Bangsa.

Published
2022-12-25
Abstract viewed = 228 times
pdf downloaded = 191 times

Most read articles by the same author(s)