Penyusunan Program Pembelajaran Anak Usia Dini pada Masa Covid-19

  • Muhammad Nasirun Universitas Bengkulu
  • Yulidesni Yulidesni Universitas Bengkulu
  • Indrawati Indrawati Universitas Bengkulu
  • Melia Eka Daryati Universitas Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penyusunan program pembelajaran pada mata kuliah  perencanaan  pembelajaran masa perkuliahan Covid-19 Semester IV Tahun Ajaran 2019/2020 Program Studi S1 Pendidikan Guru PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sejumlah 70 mahasiswa, menggunakan total sample karena jumlah populasi kurang dari seratus. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian penyusunan program pembelajaran semesteran, mingguan dan harian. Hasil penelitian menunjukkan penyusunan program tahunan rata-rata 2,24 kategori cukup, penyusunan program mingguan rata-rata 2,60 kategori baik,  penyusunan program harian rata-rata 2,37 kategori cukup, secara klasikal rata-rata penyusunan program pembelajaran rata-rata 2,40 kategori cukup. Direkomendasikan perlu penelitian pembanding perencanaan pembelajaran antara new normal dan masa Covid-19. Perlu pemahaman dan latihan dalam penyusunan program pembelajaran yang ditindak lanjuti penelitian tindakan kelas untuk pengembangan keterampilan menyusun program pembelajaranditingkatkan.

Keywords: Program Pembelajaran, Anak Usia Dini, Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, R. (2019). Kesulitan-keulitan Guru PAUD Dalam Menyusun RPP di Kecamatan Seluma Kota, Kabupaten Seluma. Prodi Pendidikan Guru PAUD FKIP Universitas Bengkulu.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi (Revisii VI) (R. Cipta (ed.)).

Efendi, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru SMA Negeri 1 Putri Betung Kabupaten Gayo Lues. Jurnal Serambi Edukasi, 3(1), 1–20. http://www.jurnal.serambimekkah.ac.id/serambi-edukasi/article/view/1851.

Hanifa, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedangan. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 6(2), 195. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i2.939

Jufri, D. (2016). Sudut Pandang Perencanaan Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 65–76. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v5i1.3213

Kebudayaan, K. P. dan. (2015). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini (D. P. A. U. D. Dirjen PAUD dan Penmas (ed.)).

Kemdikbud. (2005). Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Kemdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.

Kemdikbud. (2014). eraturan Menteri Pendidikandan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun. 2015; Tentang Pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta.

Marlina, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679

Mulyasa. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Novalita, R. (2014). Pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran (Suatu Penelitian terhadap Mahasiswa PPLK Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Almuslim). Lentera, 14(2), 56–61. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/lentera

Pramudyani, A. V. R. (2020). Permainan Tradisional Jamuran : Analisis Pengetahuan Guru. Pelita PAUD, 4(2), 168–177. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.972

Suyanto, S. (2005). Pembelajaran Untuk Anak TK (Depdiknas (ed.)).

Published
2020-12-04
Abstract viewed = 1591 times
pdf downloaded = 2583 times