Pengembangan Media Jungle Board untuk Meningkatkan Keterampilan Scientific Inquiry Pada Anak Usia 5-6 Tahun

  • Novianti Retno Utami Universitas PGRI Yogyakarta
  • Novia Nur Inayah Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Pengembangan media pembelajaran sains sangat dibutuhkan pada pendidikan anak usia dini. dan diharapkan mampu menstimulasi kemampuan scientific inquiry pada anak.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media “Jungle Board” untuk meningkatkan kemampuan scientific inquiry pada anak usia 5-6 Tahun Penelitian ini dilakukan di KB-TK-TPA Surya Marta Yogyakarta pada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada tahap development, media pembelajaran Jungle Board dilakukan penilaian kelayakan oleh ahli materi dan media, uji keterbacaan 15 guru, 4 siswa uji coba kelompok kecil, dan 12 siswa uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validaasi ahli dan penilaian siswa. Data yang didapatkan dari angket selanjutnya dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian melalui lima tahap dalam pembuatan media pembelajaran jungle board, yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implemetation (Implementasi), 5) Evaluation (Evaluasi). Persentase penilaian ahli media  dan materi pada jungle board sebesar 95% dan termasuk kriteria Sangat Layak. Berdasarkan analisis peningkatan kemampuan scientific inquiry pada pretest rata-rata nilai 0.83 dan postest  rata-rata nilai 4.67. Hasil uji t didapatkan nilai sig p=0,001 < 0,05, maka media pembelajaran Jungle Board efektif untuk meningkatkan kemampuan scientific inquiry pada anak usia 5-6 Tahun.

Keywords: Media Pembelajaran, Jungle Board, Scientific Inquiry

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035

Ansori, Y. Z. (2019). Jurnal cakrawala pendas. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 40–44.

Dewi, L. K., Munawar, M., & Diyah, D. P. (2019). Analisis Kemampuan Sains Inquiry Anak Usia Dini Di Sentra Imtaq. Seminar Nasional PAUD 2019, 213–219.

Dewi, T. L., Kurnia, D., & Panjaitan, R. L. (2017). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Pips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2091–2100. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.12425

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.

McNerney, K., & Hall, N. (2017). Developing a framework of scientific enquiry in early childhood: an action research project to support staff development and improve science teaching. Early Child Development and Care, 187(2), 206–220. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1237564

Melita Rahardjo, M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159.

Munawaroh, H. (Universitas S. A.-Q. J. T. W. (2017). Aud Melalui Permainan Terapung. 4.

Musa’adah, N. (2017). Pengembangan Media Ular tangga Pembelajaran IPA Materi Perubahan Lingkungan Kelas IV SDN Demaan Rembang. Skripsi : Universitas Negeri Semarang.

Nisa, T. F., Suryani, I. W., & Madura, U. T. (n.d.). Kemampuan Matematika Anak Melalui Media. 56–64.

Olgan, R. (2008). Florida State University Libraries A Longitudinal Analysis of Science Teaching and Learning in Kindergarten and.

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL ADDIE DAN R2D2:TEORI DAN PARKTEK (T. Rokhman (ed.); 1st ed.). Lembaga Academic & Research Institite.

Rizki Safira, A., & Sayyidatul Ifadah, A. (2020). Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini.pdf.

Rosyidi, B. (2005). Model pembelajaran scientific inquiry (penemuan ilmiah). 1–8.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (19th ed.). ALFABETA, CV.

Sukmawati, W., Farmasi, P. S., Studi, P., Pendidikan, A., & Pascasarjana, S. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 85 , LEGOSO. 177–184.

Vartiainen, J., & Kumpulainen, K. (2020). Playing with science: manifestation of scientific play in early science inquiry. European Early Childhood Education Research Journal, 28(4), 490–503. https://doi.org/10.1080/1350293X.2020.1783924

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Yumarlin MZ. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Teknik, 3(1), 75–84.

Yuniasih, N. (2015). Analisis Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Di Sdn Tanjungrejo 1 Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(1), 574. https://doi.org/10.21067/jip.v5i1.688

Published
2022-12-24
Abstract viewed = 261 times
pdf downloaded = 187 times