Pengembangan Instrumen Kecerdasan Emosional Usia 5-6 Tahun

  • Novianti Retno Utami Universitas PGRI Yogyakarta

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen kecerdasan emosional untuk anak usia dini. Instrumen ini terdiri dari tiga dimensi dan faktor pembentuknya seperti: dimensi pengetahuan emosi terdiri dari 3 faktor, dimensi ekspresi emosi terdiri dari 3 faktor dan dimensi regulasi emosi terdiri dari 3 dimensi. Populasi dalam penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di Kabupaten Magelang, dengan teknik pengambilan sampel multistage random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini  adalah, 267 sampel dari 5 TK. Validitas isi dilakukan oleh pakar, menghasilkan 15 items pada dimensi pengetahuan emosi, 12 item pada dimensi ekspresi emosi dan 13 item pada regulasi emosi. Perhitungan validitas empirik menggunakan analisis faktor, perhitungan reliabilitas perdimensi menggunakan alpha cronbach dan perhitungan reliabilitas multidimensi menggunakan alpha stratified. Pada uji coba ke dua atau skla besar, menghasilkan:1) 40 item dengan tingkat reliabilitas yang tinggi, 2) reliabilitas dimensi pengetahuan emosi 0.875, dimensi ekspresi emosi 0.714 dan dimensi regulasi emosi 0.807, 3) reliabilitas multidimensi kecerdasan emosional memperoleh 0.779. Peneliti menyimpulkan bahwa instrumen ini cocok digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun.

 

Keywords: Pengembangan Instrumen, Kecerdasan Emosional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Saifuddin. (2004). Dasar-Dasar Psikometri (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)..
Bar-On, Reuven. The 5 Meta Factors and Sub –Factors of the Bar-On Model.2009., (www.baronreuven.org), diakses 26 September 2015, pukul 13.15 WIB
. (2001). Emotional Intelligence and Self Actualization (in Joseph Ciarrochi, Joseph P.Forgas and John D.Mayer (Eds).Emotional Intelligence in Everyday Life a Scientific Inquiry (Philadelphia: Psychology Press)..
Denham, (2011). Susanne dkk.Emotional Intelligence in the first Five Years of Life.(USA: George Mason University.
Edmund, Laurel & Stewart Brown Sarah. (2002). Assessing Emotional dan Social Competences in Primary School and Early Years Setting, A Review of Approaches, Issues and Instruments.University of Oxford: Institute Service Risearch Unit.
Golemen,Daniel. (1995). Emotional Intelligence Why It Can Matter More Than IQ (New York: Bantam Books).
J.LaFreniere, Peter. (2000). Emotional Development: a Biosocial Perspective.(USA:Wadsworth).
Mubayyidh, Ma’mun.Kecerdasan dan Kesehatan Emosional Anak, terjemahan M. Muchson Anasy. (2010). Jakarta: Pustaka Al Kautsar.
Patton, Patricia. (2000). EQ Landasan untuk Meraih Sukses Pribadi dan Karir, terjemahan Hermes (Jakarta: Mitra Media).
Published
2019-12-26
Abstract viewed = 1989 times
pdf downloaded = 1311 times