Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencetak dengan Menggunakan Bahan Alam

  • Desi Ristiani STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Badroeni Badroeni STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Kemampuan motorik halus anak harus ditingkatkan, maka dari itu tujuan penelitian ini yaitu unuk mengetahui peningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencetak dengan bahan alam di PAUD Nurhanifah Cipondok. Metodologi penelitian ini adalah tindakan kelas di laksanakan melalui 3 siklus dengan tahap tindakan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian di PAUD Nurhanifah Desa Cipondok Kec. Kadugede Kab Kuningan, peserta didik dalam penelitian ini anak berjumlah 16, terdiri dari kali-laki 10 dan perempuan 6 penelitian ini dilaksanakan pada Semester II bulan Februari-April 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi anak. Berdasarkan hasil observasi tindakan yang dilakukan oleh peneliti pada setiap siklus pada siklus I kategori BB 37,5%, kategori MB 37,5%, kategori BSH 25% dan kategori BSB 0%, meningkat pada siklus II kategori BB 25%, kategori MB 12,5%, kategori BSH 37,5% dan kategori BSB 12%, siklus III kategori BB 0%, kategori MB 6,25%, kategori BSH 37,5% dan kategori BSB 56,25%, kesimpulan dari penilitian ini adalah bahwa kegiatan mencetak dengan bahan alam dapat meningkatkan motorik halus.

Keywords: Motorik Halus, Mencetak, bahan alam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Einon Dorothy. (2005). Permainan Cerdas untuk Anak Usia 2-6 Tahun. Jakarta: Erlangga.
Juniarti, Ni Wayan, Made Putra, Ni Nyoman Ganing. (2016). Penerapan metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Mencetak Berbantuan Bahan Alam untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus. E-journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ganesha, pp. 1-17.
Marliza, (2012) diunduh pada 12 Desember 2016 http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7551
Mursid, M.Ag. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
MS Sumantri. (2005). Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.
Suharsimi Arikunto, Suharjono & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
Suwarsih Madya. (2007). Teori dan Praktek Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta
Published
2017-12-30
Abstract viewed = 871 times
PDF downloaded = 657 times