Pengaruh Metode Bernyanyi dalam Kemampuan Berfikir Simbolik pada Anak Usia 4-5 Tahun

  • Nurliyah Nurliyah ERNA JUHERNA
  • Badroeni Badroeni STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya perkembangan kemampuan berfikir simbolik pada siswa RA Al-ikhlas. Pengenalan angka 1-10 pada anak 4-5 tahun hendaknya disampaikan melalui kegiatan bernyanyi, karena metode bernyanyi sangat relevan untuk menjadi salah satu alternativ dalam pengembangan kognitif anak. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Ikhlas desa Pasayangan dimanaterdapat sampling jenuh dengan sampel 15 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatanpenelitian kuantitatif pre eksperimental dengan one grup pretest- post test design. Data dikumpulkan melalui observasi dan instrument. Analisis data dilakukan uji T dan ujistatistika di bantu IBM SPSS Statistic Versi 26. Untuk meningkatkan kemampuan berfikir simbolik anak usia 4-5  tahun salah satu upaya meningkatkanya itu dengan metode bernyanyi. Tujuan dari penelitian ini agar diperoleh informasi perkembangan kemampuan berfikir simbolik sebelum dan sesudah diterapkannya metode bernyanyi lagu angka 1-10. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil penelitian tentang pengaruh metode bernyanyi pada lagu angka 1-10 untuk meningkatkan perkembangan berfikir simbolik pada anak usia 4-5 tahun bahwa terdapat pengaruh yang siginifikan ketika sebelum ada perlakuan dan sesudah perlakuan dibuktikan dari hasil nilai rata-rata data pre-test sebesar 9,73 dan nilai rata-rata post-test sebesar 21,4. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode bernyanyi pada lagu angka 1-10 terbukti.

Keywords: Metode bernyanyi, Perkembangan berfikir simbolik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al, T. K. (2020). Dengan Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak Usia Dini Kelompok 4-5 Tahun. 3(1), 40–45.

Ade Farid Hasyim, Badri Munawar, Minhatul Ma'arif. Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Arus Searah dan Bolak- Balik Pada Peserta Didik MAN 1 Pandeglang, jurnal pendidikan. 9 (1) 2021.

Azuna, A., & Hasibuan, R. (2021). Pengaruh Peran Orang Tua Sebagai Motivator Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Lamongan. Early Childhood Education and Development Journal Program Studi PG-PAUD Universitas Sebelas Maret, 3(1), 13–26.

Bodedarsyah, A., & Yulianti, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Dini Kelompok a (Usia 4-5 Tahun) Dengan Media Pembelajaran Lesung Angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 354. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p354-358

Dominic F. Gullo. (2005). Understanding Assessment and Evaluation in Early Childhood Education - Dominic F. Gullo - Google Books. Teachers College, Columbia University New York and London, 021, 1–185. https://books.google.com/books/about/Understanding_Assessment_and_Evaluation.html?id=DBnUsHa9t3sC%0Ahttps://books.google.com.my/books?hl=en&lr=&id=DBnUsHa9t3sC&oi=fnd&pg=PR9&dq=Early+Childhood+Education&ots=bDhy7HvIRw&sig=gRF3gCZGkTEYxo0KHZCOw0oxhms&redir

Khodijah, 2016. PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Medan.

Khadijah, 2016. PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Perdana Publishing

Enny Sutrisni,Marisa. 2018. Strategi Pembelajaran Di Lembaga PAUD. Vol. 04. Tangerang Selatan.

Enny Sutrisni, Marisa. 2017. Strategi Pembelajaran di lembaga PAUD. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka

Erik Wahyudin, Badroeni, Eva Gustiana, Erna Juherna, Nika Cahyati, Mira Mayasarokh, Chitra Charisma Islami, Ajeng Rahayu Tresna Dewi. 2021. MULTIPLE INTELLIGENCES PADA ANAK USIA DINI TEORI DAN PRAKTIK PENGEMBANGAN. Kuningan.

Fajriah, H. (2019). Penerapan model pembelajaran area untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 16.

Iii, B. A. B., Desain, A., Penelitian, P., & Penelitian, D. (2014). Mira Martilopa, 2014 Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. X.

Iii, B. A. B., & Penelitian, A. D. (2017). Liya Nurlaela Agustin, 2017 PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Itsni Qurrota Aeni.(2021). Penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan aspek kognitif siswa tentang nasab nabi dalam lagu "rahayatul atyaru".

Kamtini, K., & Sitompul, F. A. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 13.

Sugiyono. 2022. METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Vol. 29. Bandung.

Sugiyono. 2022. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D.Alfabeta CV

Qomaruddin, A. (2013). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufadat. Journal of Chemical Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.

Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252

Rani ismayanti, Muhammad Arieef Rizka, Kholisussa'di. (2022). Pengaruh metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak usia dini di paud ibnu sulam. jurnal transformasi, 8(1), 2022.

Siti Anisah, S. K. A. (2021). Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini pada Kelompok A di RA Annasuusiyyah. Jurnal Ceria, 4(NO 4), 384–393.

Sujiono, Y. N. (2013).Metode Pengembangan Kognitif.Penerbit UniversitasTerbuka, 1–35.http://repository.ut.ac.id/4687/2/PAUD4101-TM.pdf

Sulistyowati, S., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik melalui Metode Bernyanyi ASYIK di TK Muslimat NU 1 Khodijah Pakiskembar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4351–4355. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1039

Syafitri, O., Rohita, R., & Fitria, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan 1 – 10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4 – 5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(3), 193. https://doi.org/10.36722/sh.v4i3.277

Weeks, D. P. C. C. L. E. Y. N. to K. in 20. (2015). Meningkatkan perkembangan kognitif dengan metode bernyanyi pada anak usia dini. Dk, 53(9), 1689–1699.

Wulandari, S. R. I. (2021). Program studi pedidikan islam anak usia dini fakultas ilmu tarbiyah institut agama islam negeri surakarta 2020.

Yanuarsari, R., Latifah, E. D., & others. (2022). Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Berhitung Melalui Metode Bernyanyi Dengan Media Flash Cards (Studi Deskriptif di RA Al-Furqon Kabupaten Ciamis). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(2), 128–133.

Published
2023-12-23
Abstract viewed = 142 times
pdf downloaded = 118 times