Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Ular Tangga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk upaya meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4 – 5 tahun di PAUD Al izza Plus Sungai rumbai Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam II siklus, subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelompok mandiri PAUD Al Izza Plus Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 9 anak yang terdiri atas 2 laki-laki dan 7 perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis di lakukan dengan menggunakan data kuantitatif. Hasil penelitian ini menujukan bahwa keterampilan motorik kasar anak usia dini dapat ditingkatkan melalui permainan ular tangga raksasa. Peningkatan kemampuan motorik kasar anak secara keseluruhan sebelum adanya tindakan meningkat dari 35% dengan kategori MB(Mulai berkembang), menjadi 55% dengan kategori BSH dan BSB pada siklus I, menjadi 80% dengan kategori BSH dan BSB pada siklus II.
Downloads
References
Albert, B. (1977). Social Learning Theory. Prentice-Hall, Inc.
Bulan, B. U., & Puspita, W. A. (2013). Pengembangan Program Stimulasi Gerak Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Kasar. Prndidikan.
Dina Nur’afifah, L. K. dan A. D. G. (2019). MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN TARI KIJANG. 16(229), 24–33.
Hidayati, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. Pendidikan Usia Dini, 7, 196.
Hurlock, E. B. (1978). Child Development (6th ed.). McGraw-Hill.
Imani, F. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menari Animal Chicken Dance. 05, 103.
Indrawati, T., & Rahmah, N. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Gerak Tari Ayam. Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 7.
Muflikha, E. S. (2013). Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias Di Paud Kenanga I Kabupaten Pesisir Selatan. SPEKTRUM PLS, 1, 29.
Mujahidatul Mukarromah. (2016). MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI DI PAUD AL-JIHAD. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Mulia, D. S., & S. (2016). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Mulia, A. (2017). Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Gerak. 1(1).
Permendiknas. (2018). Perkembangan Kinestetik Anak Usia 5-6 tahun (p. No. 58).
Putra, W. A. (2017). Perbandingan Alat Bermain Motorik Kasar Dan Media Motorik Halus Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Paud Labschool Jember. Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal, 1, 87.
Santrock, J. W. (2007). Child Development (8th ed.). McGraw-Hill.
Santrock, J. W. (2011). Life Span Development (13th ed.). The McGraw-Hill Companies.
Sari, M. (2014). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Bermain Air. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8, 373–382.
Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana (Jakarta). Kencana.
Copyright (c) 2021 Ellinawati Ellinawati, Ayu Mustika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.