Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak melalui Permainan Pesan Berbisik

  • Agus Saputra Universitas Dharmas Indonesia
  • Ayu Mustika Sari Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi masih ditemui anak yang perkembangan kognitifnya rendah terutama dalam daya ingat anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak di TK Islam Bakti 53 Tanjung Harapan Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah semua anak TK Islam Bakti 53 Tanjung Harapan kelompok B melibatkan 23 orang yang terdiri. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Hasil persentase yang selalu meningkat dari setiap siklus dalam setiap pertemuan. Pada siklus I dengan rata-rata 67,09% yang terdiri dari pertemuan 1 sebesar 55,41%, pertemuan 2 sebesar 69,26%, pertemuan 3 sebesar 76,61%. Pada siklus II dengan rata-rata 86,39% yang terdiri dari pertemuan 1 sebesar 81,50%, pertemuan 2 sebesar 86,93%, pertemuan 3 sebesar 90,75%.

Keywords: Perkembangan, Kognitif Anak, Permainan Pesan Berbisik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Siti. Dkk. 2016. Perkembangan Dan Konsep dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

_________ 2007. Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka.

Amini, Mukti. 2015. Anak Bermain Dan Belajar. Internet. Diakses Minggu 3 September 2017.

Depdiknas. 2005. Pendidikan Anak usia Dini Menurut Pandangan Islam. Jakarta: Depdiknas.

_________ 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Citra Umbara.

Jamaris. 2006. Karakteristik Kognitif Anak. Internet. Diakses Jum’at 5 September 2017.

Maykes. 2007. Bermain Mainan Dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2015. Bermain Dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

_________ 2005. Bermain Sambil Belajar Dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.

Pusat, Menang. 2000. Metode Pengembangan Daya Pikir Dan Daya Cipta. Jakarta: Depdiknas. Dirjen Dikti.

Puteri, Eka, Roza. 2011. Skripsi Pengembangan Kognitif Melalui Permainan Geometri. Dharmasraya: universitas negeri Padang.

Risaldy, Sabir. 2015. Manajemen Pengelolaan Sekolah Usia Dini. Jakarta Timur: Luxima.

Sudjiono, Yuliani, Nurani. 2009. Konsep Dasar Paud. Jakarta: Indeks.

Sujiono, Nurani, Yuliani. Dkk. 2014. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

The Journey. 2012. Prinsip Perkembangan Kognitif. Internet. Diakses Jum’at 4 Agustus 2017.

Whardhani, IGAK. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka

Wihardit, Kuswaya. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yulsyofriend. 2015. Bermain anak Usia Dini. Padang: Universitas Negeri padang.

Published
2020-12-19
Abstract viewed = 641 times
pdf downloaded = 302 times