“MEPETKABA” Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi
Abstract
Pada masa pandemi korona sistem pembelajaran secara tatap muka tidak dapat dilaksanakan secara maksimal. Media pembelajaran yang digunakan dirasa tidak menyenangkan dan tidak dapat mengadopsi pembelajaran TK secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android yang dapat memberikan solusi permasalahan pendidikan sistem daring. Media interaktif yang dibuat bernama MEPETKBA kepanjangan dari Metode Pembelajaran TK Berbasis Android. Media ini masuk dalam kategori Mobile Learning System. Metode penelitian ini menggunakan teknik penelitian pengembangan berdasarkan langkah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di TK Tunas Islam Tlogo Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Jumlah responden adalah 10 guru TK, serta 1 kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Validasi media dilakukan oleh pelaku pendidikan dan ahli media. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa MEPETKBA dalam sisi konten maupun design medianya dalam kategori sangat baik dan dapat diterapkan untuk pembelajaran TK berbasis daring.
Downloads
References
Barrouillet, P. (2015). Theories of cognitive development: From Piaget to today. Developmental Review, 38, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.dr.2015.07.004
Capurso, M., Dennis, J. L., Salmi, L. P., Parrino, C., & Mazzeschi, C. (2020). Empowering Children Through School Re-Entry Activities After the COVID-19 Pandemic. Continuity in Education, 1(1), 64. https://doi.org/10.5334/cie.17
Fesseha, E., & Pyle, A. (2016). Conceptualising play-based learning from kindergarten teachers’ perspectives. International Journal of Early Years Education, 24(3), 361–377. https://doi.org/10.1080/09669760.2016.1174105
Hartatik. (2019). Analysis of Impact Android-Based Literacy Learning Media (Mpba) Application to the Development of Skills in Interest and Literacy of Kindergarten Students. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012088
Horiuchi, F., Oka, Y., Kawabe, K., & Ueno, S. I. (2020). Sleep habits and electronic media usage in japanese children: A prospective comparative analysis of preschoolers. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(14), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph17145189
Saptatiningsih, R. I., & Permana, S. A. (2019). Early Childhood Character Building Troughtechnological Education. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012048
Tamis-LeMonda, C. S., Luo, R., McFadden, K. E., Bandel, E. T., & Vallotton, C. (2019). Early home learning environment predicts children’s 5th grade academic skills. Applied Developmental Science, 23(2), 153–169. https://doi.org/10.1080/10888691.2017.1345634
Taylor, M. E., & Boyer, W. (2020). Play-Based Learning: Evidence-Based Research to Improve Children’s Learning Experiences in the Kindergarten Classroom. Early Childhood Education Journal, 48(2), 127–133. https://doi.org/10.1007/s10643-019-00989-7
Copyright (c) 2020 Supri Hartanto,Khikmah Novitasari, Septian Aji Permana, Rosalia Indriyati Saptatiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.