KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS: TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS

  • Fifqi Inayah Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan yang penting dan mendasar dalam pembelajaran matematika. Kemampuan untuk memecahkan masalah matematika adalah keterampilan yang dapat membantu siswa dalam pengambilan keputusan. Kemampuan pemecahan masalah matematis juga berkaitan erat dengan resiliensi matematis. Saat belajar matematika, ada banyak rintangan dan masalah yang harus diatasi. Resiliensi matematika adalah sikap positif yang membantu mengatasi tantangan dan masalah tersebut. Ini juga mencakup kerja keras, keterampilan bahasa yang solid, kepercayaan diri, dan ketekunan dalam menghadapi tantangan. Ada banyak penelitian yang membahas tentang kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari resiliensi matematis. Mengumpulkan dan menganalisis hasil-hasil penelitian tersebut perlu dilakukan guna memperoleh gambaran bagaimana kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari resiliensi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari resiliensi matematis dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review. Sumber pencarian literature yang digunakan adalah Google Scholar dan Publish or Perish. Data yang digunakan dari tahun 2013-2023. Data dianalisis berdasarkan kriteria inklusi data, kemudian data tersebut diekstraksi sehingga menghasilkan 20 penelitian. Hasil dan temuan dalam artikel-artikel menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) resiliensi matematis dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Resiliensi Matematis, Tinjauan Pustaka Sistematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Ghifari, S. S., Juandi, D., & Usdiyana, D. (2022). Systematic literature review: Pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 2025-2039.
Al Ghifari, S. S., & Usdiyana, D. (2023, March). Hubungan Resiliensi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 6, pp. 529-535)
’Athiyah, F., Umah, U., & Syafrudin, T. (2020). Pengaruh Mathematical Resilience terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM, 5(2), 223–234.
Attami, D., Budiyono, B., & Indriati, D. (2020). The Mathematical Problem-Solving Ability of Junior High School Students Based on Their Mathematical Resilience. Journal of Physics: Conference Series, 1469.
Attami, D., Budiyono, & Indriati, D. (2020). Mathematical Resilience and Mathematical Problem- Solving Ability in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series.
Budiastuti, Y. (2022). Pengaruh Gaya Kognitif Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Ex Post Facto Pada Siswa SMK Swasta Di Kabupaten Bekasi). ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 3(3).
Cahyaningsih, U., Nahdi, D. S., Jatisunda, M. G., & Suciawati, V. (2021). Student’s Mathematical Problem-Solving Ability With Mathematical Resilience And Metacognition Skills: A Quantitative Analysis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2591-2601.
Fatimah, A. E., Purba, A., & Siregar, Y. A. (2020). Hubungan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 151–157. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3.470
Fianingrum, F., Pujiastuti, H., & Fathurrohman, M. (2023). Disposisi Berpikir Kritis Matematis dalam Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. JIIP Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 543–548. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1341
Fikriah, D. (2021). Karakteristik Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Dan Kemandirian Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Ginting, A. S. E. B., Rusman, A. A., & Afri, L. D. (2023). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Mathematical Resilience. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 44-48.
Harahap, I. H., & Manurung, A. A. (2022). Analisis Pengaruh Resilensi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa DI MTs Ruhul Islam Sialambue. Jurnal EduTech Vol, 8(1).
Harun, L., & Sutrisno, S. (2022). Pengaruh Minat Belajar dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(4), 347-354.
Harsela, K., & Asih, E. C. M. (2020). The Level of Mathematical Resilience and Mathematical Problem-Solving Abilities of 11th Grade Sciences Students in A Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1521. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032053
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajarana Matematika. Refika ADITAMA.
Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2020). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).
Lame, G. (2019). Systematic literature reviews: An introduction. Proceedings of the International Conference on Engineering Design, ICED, 2019-Augus(August), 1633–1642.
Lutfiyana, L., Tsani, D. F., & Tafrikan, M. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Resiliensi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 61-70.
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran. JPMI, 1(5), 819–826.
Masani, H. (2022). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui Self Organized Learning Environment (SOLE) berbasis edpuzzle ditinjau dari resiliensi siswa: Penelitian kuasi eksperimen kelas X di SMA Muhammadiyah 4 Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Nahdi, D. S. (2020). Mathematical Resilience dalam Memecahkan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020, 1000–1009.
Nurfitri, R. A., & Jusra, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Resiliensi Matematis dan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1943–1954.
Putri, G. R. (2022). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan resiliensi matematis melalui Blended Learning berbasis video pembelajaran: Penelitian tindakan kelas di SMPN 1 Banjaran (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Rahmmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema, 5(2), 187–202.
Rohmah, S., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2020). Problem Solving Ability of Junior High School Students Viewed by Mathematical Resilience. 8(7), 3026–3033. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080731
Shuttleworth, M. (2009). What Is Literature Review? Https://Explorable.Com/What-Isa-Literature-Review.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. International Journal of Instruction, 1(2), 63.
Yuniar, S., Nafiah, M., & Siregar, R. (2022). Hubungan antara Resiliensi Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4124-4131.
Yerizon, Wahyuni, P., & Fauzan, A. (2021). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Gender dan Lever Sekolah. AKSIOMA Journal of Mathematics Education.
Yuliani, Destiniar, & Jayanti. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. AdMathEdu, 10(1).
Yulianti, S. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Based Learning Pada Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159–168.
Wati, P. P. (2020). Hubungan Resiliensi Matematis Dan Modal Sosial Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Doctoral Dissertation, Stkip Pgri Pacitan).
Published
2023-05-22
How to Cite
Inayah, F., & Arief Agoestanto. (2023). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS: TINJAUAN PUSTAKA SISTEMATIS. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 74-86. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2798
Abstract viewed = 1353 times
PDF downloaded = 957 times