ANALISIS RESILIENSI MATEMATIS SISWA KELAS X DI SMAN 1 DUKUPUNTANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Resiliensi matematis membutuhkan mentalitas yang kuat untuk mengatasi kekhawatiran, rasa takut menghadapi rintangan, dan kemahiran berbahasa. Siswa memiliki persepsi yang negatif terhadap matematika. Banyak siswa yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Persepsi yang negatif ini dapat menghambat siswa untuk mengembangkan resiliensi matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat resiliensi matematis siswa kelas X di SMAN 1 Dukupuntang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1 Dukupuntang. Sampel dari penelitian ini yaitu salah satu siswa kelas X berjumlah 40 orang. Pemilihan sampel pada penelitian ini berdasarkan pada teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen non tes, yaitu berupa angket berjumlah 28 butir pernyataan yang dapat ditanggapi oleh siswa melalui skala likert dengan rentang poin 1 sampai 4. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis prosentase lalu dipaparkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis setiap pernyataan yang telah direspon siswa pada indikator diperoleh presentase yang menunjukkan bahwa tingkat resiliensi matematis siswa pada indikator 1 diperoleh persentase sebesar 49% tergolong kriteria cukup baik. indikator 2 diperoleh persentase sebesar 53% tergolong kriteria baik, indikator 3 diperoleh persentase sebesar 54% tergolong kriteria baik, indikator 4 diperoleh persentase sebesar 66% tergolong kriteria sangat baik, indikator 5 diperoleh persentase 55% tergolong kriteria baik, indikator 6 diperoleh persentase sebesar 45% tergolong kriteria cukup baik.
Downloads
References
Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Afdhal, M. (2015). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Antusiasme Belajar Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 193–200.
Ansori, A. (2020). Analisis Kemampuan Resiliensi dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 353–362. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.353-362
Ansori, A., & Hindriyanto, Y. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Resiliensi Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 253–262. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5582
Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868.
Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Numeracy, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.309
Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129–136. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553
Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2019). Motivasi Belajar Siswa Sma Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Brain Based Learning. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i2.559
Hutauruk, A. J. B., & Naibaho, T. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(02), 78–91. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227
Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 356–360.
Imanisa, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemandirian Belajar Siswa SMP Kelas Vll Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 661–668.
Lee, G. dan Wilder. (2010). Development af an Instrument for Measuring Cognitive Conflict in Secondary-Level Science Classes. Journal Of Research In Science Teaching, 40(6), 585–603. Amerika Serikat: Wiley Online Library. https://doi.org/10.1002/tea.10099
Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan ketahanan matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826
Maharani, A., & Hakim, D. L. (2022). Responsi Siswa Terhadap Bahan Ajar E-LKPD Matematika Dalam Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2008), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9294
Muhtarom, Juniati, D., & Siswono, T. (2017). Pengembangan Angket Keyakinan Terhadap Pemecahan Masalah Dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1481
Sari, R. A., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), 30–39. https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.2577
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sumarmo, U. (2015). Resiliensi Matematik (Mathematical Resilience). Website STKIP Siliwangi Bandung.
Sumarmo, U. (2018). Hardskill dan Softskill Matematika Serta Kearifan Lokal dalam Pembelajaran matematika. Proceeding National Seminar of Mathematics Education Unswagati Cirebon.
Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890
Umami, R. (2015). Peranan Komunikasi Matematika Guru Dalam Mengembangkan Komunikasi Dan Pemahaman Matematika Siswa. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 64(1), 17–24. https://doi.org/10.36456/wahana.v64i1.533
Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets that Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 47, 302-314. http://dx.doi.org/10.1080/00461520.2012.722805
Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.344
Copyright (c) 2023 JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Open Access
JUMLAHKU:Jurnal matematika ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan is a national peer reviewed and open access journal that publishes significant and important research from all area of mathematics education.
This journal provides immediate open access to its content that making research publish in this journal freely available to the public that supports a greater exchange of knowledge.
Copyright
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. Authors or others are allowed to multiply article as long as not for commercial purposes. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is BY-NC-SA 4.0.
Disclaimer
No responsibility is assumed by publisher and co-publishers, nor by the editors for any injury and/or damage to persons or property as a result of any actual or alleged libelous statements, infringement of intellectual property or privacy rights, or products liability, whether resulting from negligence or otherwise, or from any use or operation of any ideas, instructions, procedures, products or methods contained in the material therein.