ANALISIS RESILIENSI MATEMATIS SISWA KELAS X DI SMAN 1 DUKUPUNTANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Fifqi Inayah Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang

Abstract

Resiliensi matematis membutuhkan mentalitas yang kuat untuk mengatasi kekhawatiran, rasa takut menghadapi rintangan, dan kemahiran berbahasa. Siswa memiliki persepsi yang negatif terhadap matematika. Banyak siswa yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Persepsi yang negatif ini dapat menghambat siswa untuk mengembangkan resiliensi matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat resiliensi matematis siswa kelas X di SMAN 1 Dukupuntang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X di SMAN 1 Dukupuntang. Sampel dari penelitian ini yaitu salah satu siswa kelas X berjumlah 40 orang. Pemilihan sampel pada penelitian ini berdasarkan pada teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen non tes, yaitu berupa angket berjumlah 28 butir pernyataan yang dapat ditanggapi oleh siswa melalui skala likert dengan rentang poin 1 sampai 4. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis prosentase lalu dipaparkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil analisis setiap pernyataan yang telah direspon siswa pada indikator diperoleh presentase yang menunjukkan bahwa tingkat resiliensi matematis siswa pada indikator 1 diperoleh persentase sebesar 49% tergolong kriteria cukup baik. indikator 2 diperoleh persentase sebesar 53% tergolong kriteria baik, indikator 3 diperoleh persentase sebesar 54% tergolong kriteria baik, indikator 4 diperoleh persentase sebesar 66% tergolong kriteria sangat baik, indikator 5 diperoleh persentase 55% tergolong kriteria baik, indikator 6 diperoleh persentase sebesar 45% tergolong kriteria cukup baik.

Keywords: Resiliensi Matematis, Pembelajaran Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Afdhal, M. (2015). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Antusiasme Belajar Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 193–200.

Ansori, A. (2020). Analisis Kemampuan Resiliensi dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 353–362. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.353-362

Ansori, A., & Hindriyanto, Y. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Resiliensi Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 253–262. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.5582

Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868.

Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Numeracy, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.309

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129–136. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553

Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2019). Motivasi Belajar Siswa Sma Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Brain Based Learning. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i2.559

Hutauruk, A. J. B., & Naibaho, T. (2020). Indikator Pembentuk Resiliensi Matematis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 1(02), 78–91. https://doi.org/10.36655/sepren.v1i02.227

Iman, S. A., & Firmansyah, D. (2019). Pengaruh kemampuan resiliensi matematis terhadap hasil belajar matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 356–360.

Imanisa, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemandirian Belajar Siswa SMP Kelas Vll Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 661–668.

Lee, G. dan Wilder. (2010). Development af an Instrument for Measuring Cognitive Conflict in Secondary-Level Science Classes. Journal Of Research In Science Teaching, 40(6), 585–603. Amerika Serikat: Wiley Online Library. https://doi.org/10.1002/tea.10099

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan ketahanan matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 819–826. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826

Maharani, A., & Hakim, D. L. (2022). Responsi Siswa Terhadap Bahan Ajar E-LKPD Matematika Dalam Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2008), 1707–1715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9294

Muhtarom, Juniati, D., & Siswono, T. (2017). Pengembangan Angket Keyakinan Terhadap Pemecahan Masalah Dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1481

Sari, R. A., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 3(1), 30–39. https://doi.org/10.29303/jm.v3i1.2577

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarmo, U. (2015). Resiliensi Matematik (Mathematical Resilience). Website STKIP Siliwangi Bandung.

Sumarmo, U. (2018). Hardskill dan Softskill Matematika Serta Kearifan Lokal dalam Pembelajaran matematika. Proceeding National Seminar of Mathematics Education Unswagati Cirebon.

Ulia, N., & Sari, Y. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 175. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.2890

Umami, R. (2015). Peranan Komunikasi Matematika Guru Dalam Mengembangkan Komunikasi Dan Pemahaman Matematika Siswa. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 64(1), 17–24. https://doi.org/10.36456/wahana.v64i1.533

Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets that Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 47, 302-314. http://dx.doi.org/10.1080/00461520.2012.722805

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.344

Published
2023-11-30
How to Cite
Inayah, F., & Arief Agoestanto. (2023). ANALISIS RESILIENSI MATEMATIS SISWA KELAS X DI SMAN 1 DUKUPUNTANG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(2), 151-162. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i2.3523
Abstract viewed = 159 times
PDF downloaded = 100 times