IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBANTUAN E-BOOK BERBASIS SIGIL: PENINGKATAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

  • Karsoni Berta Dinata Universitas Muhammadiyah Kotabumi
  • Hodiyanto IKIP PGRI Pontianak

Abstract

Kemampuan Pemecahan Masalah merupakan satu dari empat kemampuan yang dibutuhkan abad-21. Berbagai upaya telah dilakukan dalam rangka mengembangkan kemampuan pemecahan masalah baik pada pembelajaran daring maupun luring. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah adalah mengimplementasikan pembelajaran matematika dengan pendekatan Lesson Studi for Learning Comunity (LSLC) media e-book berbantuan aplikasi sigil. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan yang digunakan adalah Perencanaan (Plan), Pelaksanaan (Do), Refleksi (See), dan Redesain. Subjek penelitian adalah mahasiswa Semester VII Pendidikan Matematika yang berjumlah 14 orang. Instrumen pengambil data yaitu Lembar Observasi, Tes, Catatan lapangan, dan Alat Rekam Gambar/Video. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data Deskriptif Kuantitaif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Implementasi pembelajaran matematika dengan pendekatan Lesson Studi for Learning Comunity (LSLC) dengan media e-book berbantuan aplikasi sigil mampu meningkatkan keaktifan mahasiswa selama proses pembelajaran dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dengan demikian pendekatan Lesson Studi for Learning Comunity (LSLC) efektif digunakan baik pada pembelajaran luring maupun daring. Penggunaan media yang membantu mahasiswa belajar secara daring dipercaya mampu mengotimalkan proses dan hasil pembelajaran.

Keywords: LSLC, E-book, Sigil, Daring

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, Y., Thahir, A., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM : Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 10(September), 401–412.

Dinata, K. B. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Mata Kuliah Geometri Transformasi di Masa Pandemi Covid-19. Eksponen, 10(2), 50–58.

Dwitalia Sari, D. (2021). Permasalahan Guru Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(02), 27–35. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.394

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17). https://doi.org/10.1073/PNAS.2022376118

Fauziah, E. (2021). Digital Repository Universitas Jember. In Digital Repository Universitas Jember (Issue September 2019).

Hariana, S. R., Musaddat, S., Hidayat, R., & Mataram, U. (2021). Jurnal PEPADU. 2(3), 311–319.

Ida, P., Dewi, A., Daring, P., & Mutu, P. P. (2021). PINTU : Pusat Penjamin Mutu Volume : 2 , No 2 , Oktober 2021 ISSN : 2746-7074 PIN TU : Pusat Penjamin Mutu Volume : 2 , No 2 , Oktober 2021 ISSN : 2746-7074. 2(2).

Ismawarni, N. Q. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Community Dalam Meningkatan Aktivitas Belajar Menulis Siswa Kelas Vii/A Mtsn Tarakan. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3), 146–155.

Iswara, E., & Sundayana, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika,1, 223–234.

Kristiani, Y. D., Studi, P., & Matematika, P. (2021). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sriwijaya tahun 2021.

Kuncoro adhi. (2020). Pengembangan EBook Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemik Dengan Bantuan Sigil-Software Untuk Materi Vektor (Issue 4). UNIMED.

Lin, Y. T. (2019). Impacts of a flipped classroom with a smart learning diagnosis system on students’ learning performance, perception, and problem solving ability in a software engineering course. In Computers in Human Behavior (Vol. 95). Elsevier B.V. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.11.036

Manurung, P. (2020). Pengembangan Mediapembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Coid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2859(2), 197–203.

Muhfahroyin, M., & Lepiyanto, A. (2021). Telaah Bahan Ajar Biologi Melalui Learning Community Pada Pembelajaran Kolaboratif Virtual Di Masa Pandemi Covid-19. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(1), 49. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i1.3754

Nugraha, M. R. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. 1,235–248.

Prasetyo, M. T. (2020). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Ico Edusha, 9, 134–138.

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. www.p21.org

Putri, R. I. I., Nurjannah, Ansari, A., Nopalia, Y., & Primasanti, I. (2020). Instructional Design Linear Equations In Two Variables Using Dart Games And Lesson Study For Learning Community (Lslc). International Conference On Lesson Study. www.icls9.unpak.ac.id

Sari, D. (2020). Penalaran Matematis Siswa Operasi Hitung Bentuk Aljabar Melalui PMRI dan LSLC Berbantuan Video Animasi Di ERa Covid-19. Universitas Sriwijaya.

Sumarni, S., Putri, R. I. I., & Andika, W. D. (2021). Project Based Learning (PBL) Based Lesson Study for Learning Community (LSLC) in kindergarten. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 989–996. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1637

Tasso, A. F., Hisli Sahin, N., & San Roman, G. J. (2021). COVID-19 disruption on college students: Academic and socioemotional implications. Psychological Trauma: Theory, Research, Practice, and Policy, 13(1), 9–15. https://doi.org/10.1037/tra0000996

Warsiyah, S. P. (2021). Strategi Kelompok Kerja Guru (KKG) Untuk Memitigasi Learning Loss Melalui Pembelajaran Terdiferensiasi. Neo-Jer: North Borneo Journal of Educational Research, 2(1), 1–9.

Published
2022-12-25
How to Cite
Karsoni Berta Dinata, & Hodiyanto. (2022). IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBANTUAN E-BOOK BERBASIS SIGIL: PENINGKATAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 8(2), 112-123. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i2.1556
Abstract viewed = 184 times
pdf downloaded = 134 times