Pengintegrasian Budaya Lampung dalam Pembelajaran Mata Kuliah Himpunan Dengan Flatform Schoology

  • Darwanto Universitas Muhammadiyah Kotabumi
  • Karsoni Berta Dinata Universitas Muhammadiyah Kotabumi
  • Junaidi Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Abstract

Abstrak

Lampung memiliki khasanah kekayaan budaya yang dapat dilihat pada rumah adat lampung, Pakaian adat lampung, Alat-alat musik tradisional, Upacara adat Lampung, dan nilai-nilai kearifan lokal lampung. Untuk menumbuhkan kesadaran dan kecintaan mahasiswa terhadap budaya lampung, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengintegrasikan budaya lampung terhadap pembelajaran. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian deskriptif Kualitatif. Beberapa konten budaya lampung dintegrasikan dalam materi himpunan. Selain itu juga, konten budaya lampung khususnya nilai-nilai kearifan lokal lampung seperti piil pesenggiri, bejuluk adok, nemui nyimah, nengah nyappukh, dan Sakai Sambayan dapat juga diintegrasikan dalam pembelajaran himpunan dengan flatform Schoology.  

Kata Kunci: Kearifan Lokal, Schoology, Piil Pesenggiri

 

Abstract

Lampung has a wealth of cultural treasures that can be seen in the traditional Lampung house, Lampung traditional clothing, traditional musical instruments, Lampung traditional ceremonies, and the values ​​of local wisdom of Lampung. To foster awareness and love of students towards Lampung culture, one way that can be done is by integrating Lampung culture with learning. The research method used is descriptive qualitative research method. Some of the cultural content of Lampung is integrated in the material of the association. In addition, the content of Lampung culture, especially the values ​​of local wisdom of Lampung such as Piil Pesenggiri, Bejuluk adok, meet nyimah, nengah nyappukh, and Sakai Sambayan can also be integrated into association learning with the Schoology platform.

Keywords: Lokal Wisdom, Schoology, Piil Pesenggiri

Keywords: Kearifan Lokal, Schoology, Piil Pesenggiri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminoto , T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Sainmatika, 13-29. Diambil kembali dari https://www.neliti.com/id/publications/221167/penerapan-media-e-learning-berbasis-schoology-untuk-meningkatkan-aktivitas-dan-h

Darwanto, & Sari, N. (2020). Pengintegrasian Soft Skills pada Setiap Pembelajaran. Eksponen, 10(2), 42-49. Diambil kembali dari https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/295

Dinata, K. B. (2018). Inovasi Pembelajaran Aljabar Ring Melalui Lesson Study. Eksponen, 8(1), 53-59. Diambil kembali dari https://jurnal.umko.ac.id/index.php/eksponen/article/view/141

Dwidayati, N. (2018). Pengintegrasian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, hal. 516-521. Semarang: Prisma. Diambil kembali dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20135

Juraman, S. R. (2014). Pemanfaatan Smartphone Android oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi dalam Mengakses Informasi Edukatif. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(1). Diambil kembali dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/4493

Lestari, E. Y. (2018). PERAN STRATEGIS KEARIFAN LOKAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI ERA DISRUPSI. Seminar Nasional Pendidikan dan Kewarganegaraan IV (hal. 194-200). Ponorogo: Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Diambil kembali dari http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SEMNASPPKN/article/view/176

Miles, , B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Musafiri, M. R. (2016). Peran Kearifan Lokal Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Sekolah Menengah Atas. Darussalam, 1-19. Diambil kembali dari https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/darussalam/article/view/2

Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal edukasi Sumba, 128-135. Diambil kembali dari http://jurnalstkip-weetebula.ac.id/index.php/jes/article/view/27

Prihatini, A. (2015). Pengintegrasian Konten Budaya Lokal Dalam Buku Tematik Pegangan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. LINGUA, 12(2), 173-186. Diambil kembali dari https://lingua.soloclcs.org/index.php/lingua/article/view/26

Ruslan, I. (2018). Dimensi Kearifan Lokal Masyarakat Lampung sebagai Media Resolusi Konflik. Kalam, 12(1), 105-126. Diambil kembali dari http://103.88.229.8/index.php/KALAM/article/view/2347

Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan Smartphone sebagai Media Komunikasi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi). ACTA DIURNA KOMUNIKASI. Diambil kembali dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11719/11312

Wahyudi, I. (2017). Pengembangan Program Pembelajaran Fisika SMA Berbasis E-Learning dengan Schoology. 6(2), 187-199. Diambil kembali dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-biruni/article/view/1850

Wuryandani, W. (2010). Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran untuk Menanamkan Nasionalisme di Sekolah Dasar. Proceding Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNY (hal. 1-10). Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2020-12-04
How to Cite
Darwanto, Karsoni Berta Dinata, & Junaidi. (2020). Pengintegrasian Budaya Lampung dalam Pembelajaran Mata Kuliah Himpunan Dengan Flatform Schoology. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 126-136. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1140
Abstract viewed = 816 times
PDF downloaded = 684 times