Pengaruh Model Directinstruction Terhadap Teknik Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepak Bola
Abstract
Latar belakang penelitian sebagian besar siswa SD Negeri 3 Cipakem kurang menguasai teknik dasar dribbling dalam permainan sepakbola. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap teknik dasar dribbling dalam permainan sepakbola. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen, dan desain yang digunakan Non-Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini 174 siswa, sedangkan sampel sebanyak 30 siswa ekstrakurikuler sepakbola. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrument yang digunakan yaitu tes menggiring bola. Hasil analisis uji independent samples test nilai sig. < α = 0,05 sebesar (0,004 dan 0,005) artinya terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelompok eksperimen (direct instruction) dengan kelompok kontrol. Dengan demikian model pembelajaran direct instruction memberikan pengaruh terhadap teknik dasar dribbling dalam permainan sepakbola.
Downloads
References
Gozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Undip
Maksum. (2013). Metode Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa
Metzler.(2000). Intructional Models for Physical education. America: Georgia State University
Nurhasan. (2007). Tes dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung: FPOK UPI
Sucipto. (2000). Sepakbola. Jakarta: Depdiknas
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan.
Suherman. (2009). Revitalisasi Pengajaran dalam Pendidikan Jamani. Bandung: CV. Bintang WarliArtika
Tite, dkk. (2011). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: FPOK UPI
Copyright (c) 2016 Jumhana Jumhana, Boby Agustan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.