The Effectiveness of the Teaching Style of the Command Self Check on the Application of the Futsal Parallel Tactic Pattern

Efektivitas Gaya Mengajar Command Self Check Terhadap Penerapan Pola Taktik Paralel Futsal

  • Ganjar Cahya Ramadhan Stkip Muhammadiyah Kuningan
  • Iif firmana Stkip Muhammadiyah Kuningan
  • Boby Agustan Stkip Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Ganjar Cahya Ramadhan (162223097), Efektivitas Gaya Mengajar Command dengan Self Check Terhadap Penerapan Pola Taktik Paralel Permainan Futsal Di Ekstrakurikuler SMP Negeri 2 Kuningan. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), 2020, 66 halaman. This Research is based on the mistakes learning of attack strategy in Futsal, during matches or training. The Purpose of this research to know capability of students learn about attack strategy in Futsal, combined with two different teaching styles, that is command and self check.. This Research uses experimental by design pre-experimental with form intact-group comparison. The technique used is the test technique. The instrument used is Game Peformance Assessment Instrument (GPAI). The result from using teaching style command is (C=33,58) and then the result from using teaching style self check is (S= 29,33) results from the level of 0.05 and get the results of t count = 0.280, t table 1,795 or t count smaller than t table . Based on the results it can be concluded teaching style command is more effective compared with teaching style self check to practice attack strategy futsal in extracurricular Junior High School 2 Kuningan..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, D.F. 2010. Perbedaan Pengaruh Gaya Menggajar Komando dan Gaya Mengajar Eksplorasi Terhadap Kemampuan Pasing Atas Bola Voli pada Siswa Putra Kelas X SMA Negeri 8 Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.Arifin, Ridwan. 2018. Perbedaan Keterampilan Passing Bawah Bola dan Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa. Skripsi S1 Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.Noviada, Gede dkk. 2014. Metode Pelatihan Taktik Pasing Berpasangan Statis dan Pasing Sambil Bergerak Terhadapa Keterampilan Teknik Dasar Pasing Kontrol Bola Futsal. E-Journal PKO, 1(2).Hutami, M.S. dan Nurageni, A.S. 2020. Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Grup sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Paudia: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9 (1).Juntara, P.E. dan Rachman, H.A. 2019. Model Latihan Penyerangan (Set Plays) melalui Goal Throws dan Power Play Futsal Sekolah Menengah Atas. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 15 (1).Mailani, Anbar. 2016. Tingkat Keterampilan Bermain Futsal Peserta Didik Putra yang Mengikuti Ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Student 5.Priatna, Moh Fajar. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Fusal Melalui Modifikasi Peraturan Permainan Futsal dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di kelas XI SMKN 1 Sumedang. Skripsi S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.Putra, Aditya Nugraha. 2018. Pengaruh Pendekatan Konstekstual Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.Putra, Hendi Buwana dkk. 2017. Perbedaan Pengaruh Gaya Mengajar Komando dengan Gaya Mengajar Latihan Terhadap Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Permainan Bola Voli Kelas X Madrasah. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1 (2).Saraswati, Erani. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli dengan Gaya Mengajar Komando dan Gaya Mengajar Resiprokal pada Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.Setiawahyu, Mochamad Iman. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepak Bola. Jurnal JUARA: Jurnal Olahraga, 3 (2).Suci, Mimi Permani. 2020. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Pada Mata Kuliah Insya Di STAI MA Arif Sarolangun. El-Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 1 (2).Wahyulestari, M.R.D. 2018. Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era IR 4.0. Universitas Muhammadiyah Jakarta.Zain, H.S.E.A. 2013. Tingkat Pengetahuan Taktik dan Strategi Futsal Anggota Eksrakurikuler Futsal. Skripsi S1 Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.Tisen, dkk. 2018. Efektivitas Gaya Mengajar Latihan dan Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Pada Siswa Di SMP Negeri 97 Jakarta. JPJA (Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif).

Published
2019-08-31
How to Cite
Cahya Ramadhan, G., firmana, I., & Agustan, B. (2019). The Effectiveness of the Teaching Style of the Command Self Check on the Application of the Futsal Parallel Tactic Pattern. Journal of Physical Education and Sport Science, 1(2), 18-21. https://doi.org/10.33222/jpess.v1i2.1116
Abstract viewed = 184 times
PDF downloaded = 99 times