Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran latihan dan problem based learning serta motivasi belajar terhadap hasil belajar passing sepakbola. Penelitian ini dilakukan pada siswa maupun siswi SMP Negeri 1 Rajadesa.Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2.Sampel terdiri dari 28 siswa maupun siswi. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0, 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Nilai hasil belajar passing sepakbola pada perlakuan metode pembelajaran latihan (A1) lebih tinggi dari nilai metode pembelajaran problem based learning (A2) di SMP Negeri 1 Rajadesa. (2). terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran (A) dan motivasi belajar (B) terhadap hasil belajar passing sepakbola di SMP Negeri 1 Rajadesa. (3). Nilai hasil belajar passing sepakbola pada perlakuan metode pembelajaran latihan motivasi belajar tinggi (A1B1) lebih tinggi dari nilai metode pembelajaran problem based learningmotivasi belajar tinggi (A2B1) di SMP Negeri 1 Rajadesa. (4). Nilai hasil belajar passing sepakbola pada perlakuan metode pembelajaran latihan motivasi belajar rendah (A1B2) lebih rendah dari nilai metode pembelajaran problem based learningmotivasi belajar rendah (A2B2) di SMP Negeri 1 Rajadesa.
Downloads
References
Verducci, Frank M. 1980. Measurement Concepts In Physical Education. St. Louis Missouri: Mosbi Company.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran.Jakarta: GP Press Group.
Sudjana. 1992. Metode Statistic. Bandung:Tarsito.
Mosston, 2010. Teaching Phsical Education Jakarta: PPS UNJ
Sudjana, Nana, 2006 Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosda karya.
Rahayu, Ega Trina. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2006. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sagala, Syaiful, 2013 Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung: Alfabeta.
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Renika Cipta.
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya
Hamiyah, Nur dan Mohammad Jauhar. , 2014 Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Pustakaraya.
Hidayat, Cucu, 2008 Psikologi Oahraga. PJKR-FKIP- Universitas Siliwangi.
Copyright (c) 2017 Gilang Ramadan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.