Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Hasil Smash Pada Ekstrakurikuler Bolavoli

  • Kurniawan Kurniawan STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Gilang Ramadan STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalah kemampuan pada atlet atau siswa ekstrakurikuler bolavoli putra di SMA Negeri 1 Luragung mempunyai kemampuan tolakan pada teknik dasar smash bolavoli  masih rendah. Padahal untuk mencapai sebuah pukulan yang maksimal sehingga pukulan dapat di arahkan ke sasaran lapangan lawan itu bisa terarah, maka teknik dasar smash bolavoli dibutuhkan kemampuan tolakan yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan plyometric terhadap hasil smash pada ekstrakurikuler bolavoli putra di SMA Negeri 1 Luragung. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan eksperimen, pre eksperimental menggunakan desaign penelitian grup design pre test-post test.Populasi dalam penelitian ini siswa ekstrakurikuler bolavoli putra di SMA Negeri 1 Luragung 17, teknik sampel yang diterapkan dalam penelitian ini total sampeling yang artinya populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 17. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tes smash, sebelum dilakukan tes siswa diberikan treatment atau Latihan Plyometric, tujuan latihan ini dilakukan dengan sengaja untuk meningkatkan kemampuan atlet yang di berikan oleh pelatih, yang merupakan perpaduan latihan kecepatan dan kekuatan. Perpaduan antara kecepatan dan kekuatan merupakan perwujudan dari daya ledak otot mekanisme latihanya yaitu meloncati paralon dan melakukan smash dan di kombinasikan dengan latihan abc runing. Terdapat pengaruh latihan plyometric terhadap hasil smash dalam permainan bolavoli pada ekstrakurikuler bolavoli putra di SMA Negeri 1 Luragung, hal ini di buktikan dari hasil statistik uji t Dari perhitungan kedua data pre test dan post test yang di dapat t hitung 3,89  dan dengan n 17 dan taraf  nyata 0,05, dari daftar tabel yang di lampirkan di dapat t tabel 2,11. Jika dibandingkan, dapat dilihat nilai t hitung  (3,89 > 2,11) t tabel maka HO ditolak. Dengan ditolaknya HOdisimpulkan bahwa terdapat pengaruh latihan plyometric terhadap hasil smash pada ekstrakurikuler bolavoli putra di SMA Negeri 1 Luragung.

Keywords: Latihan, Plyometric,, Bolavoli, Smash

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhri .2010. pendidikan olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Jakarta : Pustaka Setia

Ali Maksum .2012. Metode Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya : Unesa University Press

Amung Mamun .2001. Pendekatan Keterampilan Taktis Dalam Pembelajaran Bolavoli. Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Anung .2013. ”Pengaruh Latihan Plyometric”Hurdle Hopping” dan ”Depth Jumps” terhadap loncatan Atlet Bolavoli Pervas Seleman. Universitas Negeri Semarang

Arikunto .2013. Prosedur Penelitian (Satu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dieter Beutelstalhl .2013. Belajar Bermain Bola Voli. Bandung : CV Pionir Jaya

Feri Kurniawan .2013. Buku Pintar Pengetahuan Olahraga.Jakarta: PT. Laskar Aksara.

Harsono .1988.Coaching Dan Aspek-Aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta: RJ xxi

Heriyanto .2011. “Pengaruh Latihan Squat Jump Terhadap Akurasi Smash Dalam Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas VII SMP Negri 1 Mandirancan Kabupaten Kuningan. Universitas Majalengka.

Husdarta .2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta

Irfan Rizka Zaniari .2011. “Pengaruh Latihan Plyometric dan Standing Jump Terhadap Teknik Hand spring Pada Atlet Senam Artistik Persani Gunung Kidul”. Universitas Negeri Semarang.

Mardiana .2009. Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Bandung alfabeta.

Nurhasan .2001. Tes Dan Pengukuran Dalam Pendidikan Jasmani (Perinsip-Perinsip Dan Penrapanya). Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga, Depdiknas.

Nuril Ahmadi .2007.Panduan Olahraga Bolavoli. Solo:Era Pustaka Utama.

Sajoto .2005. Peningkatan Dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang : PT prize

Sudjana .2013.Metoda Statistika. Bandung : PT. Tarsito Bandung

Sugiyono .2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif). Bandung: Alfabeta.

Suharno.2005. Ilmu Kepelatihan Olahraga. Yogyakarta: PT. Kristus

Suherman .2007. Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Depok : CV ARYA DUTA

Sukadiyanto .2002. Pengantar Teori Dan Metodologi Melatih Fisik.Yogyakarta : POK FIK UNY

Toto Subroto .2010. Modul Permainan Bolavoli. Bandung : Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan UPI
Published
2016-07-27
How to Cite
Kurniawan, K., & Ramadan, G. (2016). Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Hasil Smash Pada Ekstrakurikuler Bolavoli. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 110-120. https://doi.org/10.33222/juara.v1i2.25
Abstract viewed = 2599 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded = 0 times