Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Sunda

  • Sopy Subhaniati Gustini Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, FPBS, Universitas Indonesia, Bandung Jawa Barat
  • Nunuy Nurjanah Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, FPBS, Universitas Indonesia, Bandung Jawa Barat

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Pangandaran yang terdiri dari 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument: (1) tes asesmen diagnostik, (2) lembar observasi aktivitas peserta didik, dan (4) tes hasil belajar. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik mengalami peningkatan, dan (2) rata-rata hasil belajar bahasa Sunda peserta didik berada diatas nilai KKM dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 87,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Diferensiasi; Aktivitas; Hasil belajar

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##

Ketidaksesuaian antara strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan karakteristik, minat dan  gaya belajar peserta didik membuat kurang maksimalnya aktivitas dan hasil belajar bahasa Sunda peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah usaha untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui strategi pembelajaran diferensiasi pada materi dongeng di kelas VII-A SMPN 1 Pangandaran yang terdiri dari 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument: (1) tes asesmen diagnostik, (2) lembar observasi aktivitas peserta didik, dan (4) tes hasil belajar. Data dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran diferensiasi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik peserta didik terlihat dari rata-rata hasil belajar bahasa Sunda peserta didik berada diatas nilai KKM dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 87,5%.

Referensi

Dewantara, Ki Hadjar. (2009) Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.
Ferlianti, S., Mu’iz, M. S., & Chandra, D. T. (2022). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dengan Metode Blended Learning’s Station Rotation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tekanan Hidrostatis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(03), 266-272.
Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain pembelajaran diferensiasi bermuatan Problem Based Learning (Pbl) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi COVID-19. Basastra, 11(1), 56-68.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140.
Kemendikbud. 2022. Pembelajaran 2.1 Eksplorasi Konsep Pembelajarn Berdiferensiasi. Program Pendidikan Guru Penggerak. Jakarta.
Pesona, R. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Peserta Didik Kelas VIII (Doctoral dissertation, FE).
Pradina, Q., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin (Studi Pada Siswa di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon ). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4118–4125.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate instruction in mixed-ability classrooms 2nd Ed). Alexandria, VA: ASCD.
Diterbitkan
2024-05-08
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 51 times
pdf downloaded = 35 times