Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Canva terhadap Kemampuan Menulis Aksara Sunda
Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Canva terhadap Kemampuan Menulis Aksara Sunda
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penerapan media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya aplikasi Canva, dalam meningkatkan kemampuan menulis aksara Sunda. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest one group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X di sebuah sekolah menengah atas di Kuningan. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva. Data dikumpulkan melalui tes menulis aksara Sunda sebelum dan setelah intervensi. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis aksara Sunda pada kelompok eksperimen. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan media pembelajaran aplikasi Canva dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis aksara Sunda pada siswa sekolah menengah atas. Implikasi pedagogis dari penelitian ini mendukung integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa daerah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis aksara Sunda.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Kukulska-Hulme, A., & Shield, L. (2008). An overview of mobile assisted language learning: From content delivery to supported collaboration and interaction. ReCALL, 20(3), 271-289.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2011). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-nd4.footer##Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan disediakan untuk tujuan lain apa pun atau kepada pihak lain mana pun.