Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Canva terhadap Kemampuan Menulis Aksara Sunda

Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Canva terhadap Kemampuan Menulis Aksara Sunda

  • Ira Rahmawati S2 Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, FPBS, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nunuy Nurjanah Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, FPBS, Universitas Indonesia, Bandung Jawa Barat
  • Retty Isnendes Pendidikan Bahasa dan Budaya Sunda, FPBS, Universitas Indonesia, Bandung Jawa Barat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi efektivitas penerapan media pembelajaran berbasis teknologi, khususnya aplikasi Canva, dalam meningkatkan kemampuan menulis aksara Sunda. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest one group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X di sebuah sekolah menengah atas di Kuningan. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva. Data dikumpulkan melalui tes menulis aksara Sunda sebelum dan setelah intervensi. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis aksara Sunda pada kelompok eksperimen. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan media pembelajaran aplikasi Canva dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis aksara Sunda pada siswa sekolah menengah atas. Implikasi pedagogis dari penelitian ini mendukung integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa daerah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis aksara Sunda.

Kata Kunci: Aplikasi Canva, Kemampuan Menulis Aksara Sunda.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Chen, C. M., & Hsiao, H. S. (2012). Effects of different video lecture types on sustained attention, emotion, cognitive load, and learning performance. Computers & Education, 61, 217-232.
Kukulska-Hulme, A., & Shield, L. (2008). An overview of mobile assisted language learning: From content delivery to supported collaboration and interaction. ReCALL, 20(3), 271-289.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2011). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Diterbitkan
2024-05-08
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 31 times
pdf downloaded = 41 times