NILAI PENDIDIKAN SOSIAL DALAM CERITA DIRAWU KÉLONG KARYA AHMAD BAKRI

  • Delpia Sinta Rahayu
  • Erick Rizky Febrianto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rafiky Septian Takwim Putra Universitas Pendidikan Indonesia

Abstrak

Membaca merupakan kegiatan yang cukup membosankan bagi kebanyakan anak, karena kegiatan ini hanya ditafsirkan secara tertulis tanpa ada visual gambar. Di sisi lain, menanamkan rasa ingin membaca sejak dini sangat penting, oleh sebab itu dibuatlah pembelajaran sastra anak. Dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan struktural, kajian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui fungsi dan peran membaca dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi anak-anak; 2) mengetahui pentingnya nilai-nilai sosial yang terkandung dalam buku terhadap masyarakat khususnya anak-anak; 3) Mengetahui strategi literasi dalam meneliti suatu bahan bacaan bagi anak-anak. Dari hasil analisis menunjukan bahwa peran membaca sangat penting dan berdampak besar bagi masyarakat khususnya anak-anak. Banyak hal yang diperoleh dari bahan bacaan, bagi anak misalnya, menjadi lebih paham tentang sikap saling tolong-menolong, menghormati sesama, dan menjaga lingkungan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Azkiya, H. (2014). Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak di Sekolah Dasar. Universitas Bung Hatta. Cerdas Proklamator, Vol 1, hal 79. [online] 8 Maret 2020. http://ejurnal.bunghatta.ac.id/?journal=JCPPGSD&page=article&op=viewFile&path[]=4287&path[]=3628

Bakri, A. (2013). Dirawu Kélong. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Damono, S. Dj. (2003). Sosiologi Sastra. Semarang: Magister Ilmu Susastra Undip. ___. “Kita dan Sastra Dunia.” Makalah Seminar Nasional Bahasa, Sastra, dan Budaya. Tanggal 29 Oktober 2009: Fakultas Ilmu Budaya, Undip, Semarang [online] 8 April 2020. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/4002/3678

Haerudin, D., Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). The Quality and Values of Character Education in Sundanese Language Text Book of the 2013 Elementary School Curriculum. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.
Isnendes, R. (2010). Teori Sastra. Bandung: JPBD FPBS UPI.
Tim KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] 8 April 2020. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Misbah, S. (2017). Analisis Stuktural dan Nilai Pendidikan Sosial Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta http://repository.upy.ac.id/1655/1/ARTIKEL.pdf

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, B. (2005). Tahapan Perkembangan Anak dqn Pmilihan Bacaan Sastra Anak. FBS Universitas Negeri Yogyakarta. Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No. 2 [Online] 8 April 2020.https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/369

Puryanto, E. (2008). Konsumsi Anak Dalam Teks Sastra di Sekolah [Online] 8 April 2020. https://journal.trunojoyo.ac.id/widyagogik/article/view/6

Roysa, M. (2017). Analisis Buku Bacaan Anak “Belajar Sambil Beternak Ayam” Berdasarkan Pendekatan Struktural.

Sarumpaet, R.K. (2010). Pendoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suherman, A. (2018). Jabar Masagi: Penguatan Karakter Bagi Generasi Milenial Berbasis Kearifan Lokal. Lokabasa, 9(2), 107.

Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). Culture and Citizenship Literacy in Sundanese Children's Literature. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.

Waluyo. S. (2012). Noktah Hitam Agama Dalam Cerpen Madam Baptiste (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra). UNDIP.[Online] 8 April 2020. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/humanika/article/view/4002
Diterbitkan
2019-10-25
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 162 times
pdf (English) downloaded = 2342 times