KUMPULAN CERPEN DI ANTARA TILU JAMAN KARYA AAM AMILIA UNTUK BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMA

(ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI ETNOPEDAGOGI)

  • Lena Nilawati Adnan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur cerita dan nilai etnopedagogi dalam kumpulan cerpen Di antara Tilu Jaman karya Aam Amilia, serta penerapan bahan ajar apresiasi sastra di SMA. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik mengumpulkan data menggunakan teknik studi pustaka, sedangkan teknik mengolah data dengan teknik analisis. Hasil dari penelitian ini adalah (1) struktur cerita, tema dalam cerita ini umumnya sosial tentang kehidupan di masyarakat; alurnya disusun berdasarkan rentetan kejadian-kejadian di dalam cerita; tokoh dalam cerita ini ada tokoh utama dan tambahan; latar yang ditemukan adalah latar waktu, latar tempat, dan latar sosial; judul dalam kumpulan cerpen memiliki tingkatan makna tersendiri; sudut pandang dalam cerita ini terdiri atas orang pertama-utama, orang pertama-sampingan, orang ketiga-tak terbatas, dan orang ketiga-terbatas. (2) Nilai etnopedagogi (moral kemanusiaan) yang terlihat adalah nilai moral manusia kepada Tuhan dalam dua cerpen, nilai moral manusia kepada diri sendiri dalam dua cerpen, nilai moral manusia kepada sesama dalam lima cerpen, nilai moral manusia kepada alam tidak terdapat dalam cerpen ini, nilai moral manusia terhadap waktu terdapat dalam satu cerpen, nilai moral manusia dalam mengejar kepuasan lahiriah dan batiniah terdapat dalam satu cerpen. (3) Bahan ajar, dalam cerita ini ada dua cerpen yang sesuai dengan kriteria bahan ajar dan bisa dijadikan alternatif bahan ajar apresiasi sastra di kelas XI SMA. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan tentang apresiasi karya sastra khususnya cerpen.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. (2017). Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal. Jawa Barat.
Eryanti, N. W. (2015). Analisis Struktur dan Nilai Moral dalam Kumpulan Naskah Drama “Kalangkang Urang” Karya Arthur S. Nalan. Jurnal: Universitas Pendidikan Indonesia. DANGIANG SUNDA. Vol. 3. http://antologi.upi.edu/main/antologi/C025/view/824/analisis-struktur-dan-nilai-moral-dalam-kumpulan-naskah-drama-%E2%80%9Ckalangkang-urang%E2%80%9D-karya-arthur-s.nalan.html. diakses 7 September 2018.
Haerudin, D. & Kardana, K. (2013). Panganteur Talaah Buku Ajar. Bandung: JPBD FPBS UPI.
Haerudin, D., Suherman, A., & Nugraha, H. S. (2019, March). The Quality and Values of Character Education in Sundanese Language Text Book of the 2013 Elementary School Curriculum. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Atlantis Press.
Isnendes, R. (2010). Teori Sastra. Bandung: JPBD FPBS UPI.
Koswara, D. (2013). Racikan Sastra: Pangdeudeul Bahan Perkuliahan Sastra Sunda. Bandung: JPBD FPBS UPI.
Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Ratna, N. K. (2013). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sapdiani, R. dkk. (2018). Analisis Struktural Dan Nilai Moral Dalam Cerpen “Kembang Gunung Kapur” Karya Hasta Indriyana. Jurnal: IKIP Siliwangi. Vol. 1. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/79/pdf. diakses 12 September 2018.
Stanton, R. (2012). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Sudaryat, Y. (2015). Wawasan Kasundaan. Bandung: FKIP-UPI.
Suherman, A. (2018). Jabar Masagi: Penguatan Karakter Bagi Generasi Milenial Berbasis Kearifan Lokal. Lokabasa, 9(2), 107.
Suherman, A. (2019). Literacy Tradition of Sundanese Society-Indonesia. International Journal for Innovation Education and Research, 7(3), 262-271. https://doi.org/10.31686/ijier.Vol7.Iss3.1377.
Diterbitkan
2019-04-25
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 365 times
pdf (English) downloaded = 256 times