PENINGKATAN KREATIVITAS SENI KRIYA TERAPAN DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI PENERAPAN METODE PAIKEM

(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas XI-IPS-3 SMA Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan)

  • Kodir Kodir

Abstrak

Berkreativitas seni kriya terapan  dengan memanfaatkan limbah benda alam, sebagai media untuk mengembangkan gagasan-gagasan siswa di dalam mengekspresikan suatu bentuk seni kriya terapan perlu ditumbuh kembangkan pada siswa. Diketahuai bahwa model pembelajaran seni budaya/seni rupa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran seni budaya/seni rupa dalam berkreativitas seni kriya terapan dengan memanfaatkan limbah benda alam. Pembelajaran model PAIKEM memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Hasil observasi aktivitas siswa rata-rata dari siklus I, II, dan III: 2,77;  3,12 dan 3,59 katagori Baik. Rata-rata hasil observasi guru dari siklus I, II, dan III: 2,00, 2,52 dan 3,32 katagori Baik. Hasil observasi penerapan pembelajaran model PAIKEM diperoleh nilai rata-rata dari siklus I, II, dan III: 2,06, 3,00 dan 3,33 katagori Baik. Hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata dari siklus I, II, dan III adalah: 58,81;  69,75; dan 78,16. Ketuntasan belajar dari siklus I, II, dan III yaitu: 45,87 %, 68,75%, dan 84,37%. Model Pembelajaran Seni Budaya/Seni Rupa dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan pertanyaan. Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok, serta mampu mempertanggungjawabkan segala tugas individu maupun kelompok. Penerapan pembelajaran model PAIKEM mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abdullah, Imran T, 1994 Resepsi Sastra, Teori Penerapannya Kumpulan materi Penataran Penelitian Sastra FPBS IKIP Muhammadiyah Jogyakarta.
Baried, Siti Baroroh, dkk., 1994 Pengantar Teori Filologi. Badan Penelitian dan Publikasi Fakultas (BPPF) Seksi Filologi Fakultas Sastra Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Bachtiar, Harsya 1974. Filologi dan Pengembangan Kebudayaan Nasional Kita
Budaya Jaya Th. VII, no 68.
Djamaris, Edward, 1977. Filologi dan Cara Kerja Penelitian Filologi Bahasa dan Sastra, III, I, Jakarta.
________, 1990. Menggali Khasanah Sastra Melayu Klasik (Sastra Indonesia Lama) Edisi Pertama, Jakarta: Balai Pustaka
Darusuprapta. 1984. Beberapa Masalah kebudayaan dalam Penelitian Naskah, Widyaparwa, No. 6.
Darsa A. Undang, 2012. Kodikologi, Dinamika Identifikasi, Inventarisasi Dan Dokumentasi Tradisi Pernaskahan Sunda. Universitas Padjajaran: Bandung.
________ , 2002. “Proses Pemahaman Teks Babad Cirebon” Widyadhana. Manassa Cabang Bandung (Jawa Barat): Bandung.
Ekajati, Edi. S, 1981. Historiografi Priangan Bandung : Lembaga Kebudayaan Unpad.
_______, 1988 Naskah Sunda: Inventarisasi dan Pencatatan Bandung : Lembaga Penelitian Universitas Padjadjaran & Toyota Foundation.
Ekadjati, Edi S. & Darsa A Undang, 1999. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 5A: Jawa Barat Koleksi Lima Lembaga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia & Ecole Francaise d’Extreme-Orient.
Endaswara, Suwardi, 2004. Metodologi Penelitian Sastra, Jogyakarta : Pustaka
Widyatama.
Hermansoemantri, Emuch, 1992. Identifikasi Naskah, Universitas Padjadjaran, Bandung.
Hutomo, Suripan Sadi, dkk. 1984. Penelitian Bahasa dan Sastra Babad Demak Pesisiran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Pradopo, Rachmat Djoko, 1995 Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya,Yogyakarta Pustaka Pelajar.
Pradotokusumo, Partini, 1986 Naskah Sunda Kuna. Transliterasi dan Terjemahan. Bandung Pemerintah Propinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Sunda (Sundanologi).
______, 1991. Prinsip Intertektualitas dan Penerapannya : Karya Sastra Indonesia Baru (Modern) dan Lama (Kuna) dalam buku Ilmu-ilmu Humaniora, Jogyakarta: Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada.
______, 2005. Pengkajian Sastra, Gramedia Pustaka Utama Jakarta;
Robson, S.O. 1978 Pengkajian Sastra-Sastra Tradisional Indonesia Bahasa Dan Sastra. IV/ 6.
______, 1978 Pengkajian Sastra-Sastra Tradisional Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdikbud.
______, 1994 Prinsip-Prinsip Filologi Indonesia. Jakarta: RUL
Sangidu, 2007. Penelitian Sastra : Pendekatan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat, Fakultas Ilmu Budaya UGM, Jogyakarta.
Soeratno, Siti Camamah, 1989 Penelitian Sastra dan Problematikanya Makalah, Bandung. Program Pascasarjana UNPAD.
Teeuw, A, 1983. Membaca dan Menilai Sastra, Jakarta. Gramedia.
______, 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Pengantar dan Teori. Jakarta, Pustaka Jaya.
______, 1988. Indonesia antara Kelisanan dan Keberaksaraan, Basis, November Nomor XXXII.
______, 1988.Sastra dan Ilmu Sastra, Jakarta : Pustaka Jaya-Girimukti Pusaka.

Tjadrasasmita Uka. Kajian Naskah-naskah Klasik dan Penerapan bagi Kajian Sejarah Islam di Indonesia.
Diterbitkan
2018-10-25
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 109 times
pdf (English) downloaded = 59 times