PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LURAGUNG

  • Lusi

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti laksanakan di SMP Negeri 1 Luragung Kabupatén Kuningan, kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi masih rendah. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pangaruh métode pangajaran inkuiri térbimbing kana kamampuh nulis karangan déskripsi siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Luragung ?. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pangaruh métode pangajaran inkuiri térbimbing kana kamampuh nulis karangan déskripsi siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Luragung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan teknik tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa VIII SMP Negeri 1 Luragung yang berjumlah 300 siswa. Teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, dimana peneliti memilih secara acak sampel penelitian sehingga sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa kelas VIII.2 yang berjumlah 24 siswa sebagai kelompok kontrol dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional.

 

 

Keywords: Metode pembelajaran, inkuiri terbimbing, kemampuan menulis karangan deskripsi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Iif Khoiru, Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Surabaya : Prestasi Pustaka : 2011
Amelia, Titin. Panduan Menulis untuk Pemula. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 2007
Anggarini. Panduan Menulis untuk Pemula. Yogyakarta, Pustaka Pelajar : 2006
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta, 2010.
Azizah. Peningkatan Keterampilan Menulis. Semarang : 2007
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 1989.
Hadi, Sutrisno. Metode Penelitian. Bandung : Remaja Rosda Karya, 2003.
Iskandarwassid, ed. Raksarasa, Bandung, Geger Sunten, 2004.
da Modern. Bandung: JPBD 2010
Kuncoro, Mudrajad. Mahir Menulis (Kiat Jitu Menulis Artikel Opini, Kolom dan Resensi Buku. Jakarta : Erlangga : 2009
LBSS. Kamus Umum Basa Sunda, Bandung, Tarate, 1995.
Marahimin, Ismail. Menulis secara Populer. Jakarta, Pustaka Jaya : 2009
Mulyasa. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara : 2007
Nasir, Muhammad. Metode Statistika. Bandung : Pustaka, 2003

Nurgana, Endi. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Tarsito, 2000
Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan : Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya : 2011
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Kencana Prenada Media Group : 2010
Sudaryat, spk. Makaya Basa jeung Sastra Sunda. Bandung: UPI Press Bandung, 2005
Sugiono. Statistik untuk penelitian. Bandung. Alfhabeta, 2010
Suryanto, Alek. Panduan Belajar Bahasa dan sastra Indonesia Untuk SMP dan MTs Kelas VIII. Bandung: Erlangga. 2004
Syah, Muhibbin. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Rineka Cipta : 2001.
Tarigan. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2008
Published
2016-10-25
Section
Articles
Abstract viewed = 36 times
pdf downloaded = 32 times