Studi Analisis Kebutuhan Stimulasi Kemampuan Motorik Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan stimulasi kemampuan motorik anak usia dini yang diperlukan bagi anak pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data awal, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan utama mengungkapkan bahwa penelitian tentang analisis kebutuhan kemampuan stimulasi motorik anak usia dini di kabupaten Bangkalan menunjukkan adanya tingkat variasi kebutuhan antar anak. Hasil kemampuan tersebut menunjukan hasil yang baik, selain itu faktor pendukung diantaranya fasilitas, kondisi fisik, program motorik dan pembelajaran yang diberikan oleh pendidik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pentingnya memberikan pemenuhan kebutuhan yang sesuai untuk menstimulasi kemampuan motorik anak melalui pemberian stimulasi dan ketersediaan fasilitas yang memadai serta memberikan layanan pembelajaran yang tepat untuk mendukung ketercapaian perkembangan motorik anak usia dini.
Kata kunci: Analisis kebutuhan, Stimulasi, Motorik, Anak Usia Dini
Downloads
References
Arira, P. (2021). Indonesia Termasuk Negara dengan Tingkat Aktivitas Fisik Rendah, Berikut Tips Anti Mager untuk Berolahraga. FKM Universitas Airlangga. https://fkm.unair.ac.id/indonesia-termasuk-negara-dengan-tingkat-aktivitas-fisik-rendah-berikut-tips-anti-mager-untuk-berolahraga/
Dr. Dadan Suryana, M. P. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini : Teori dan praktik pembelajaran. KENCANA.
Eko Setiawan, W. N. (2021). Konsep Dasar PAUD. Erlangga.
Ferdiana, R. D. (2023). Sedentary Behavior Vs Aktifitas Fisik. Kemenkes RI. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/2663/sedentary-behavior-vs-aktifitas-fisik
Habibi, M. (2015). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. deepublish.
Herdiansyah, D., Latifah, N., & Ibarahim, O. Y. (2020). Implementasi Senam Penguin Sebagai Kegiatan Olahraga Rutin Santri Ponpes Sabilunajat. AS-SYIFA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, 1(1), 7. https://doi.org/10.24853/assyifa.1.1.7-10
Heru Kurniawan, Marwany, T. A. L. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. In Generasi Emas (Vol. 4, Issue 1). https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985
Hurlock, E. B. (1978). Child Developement. In A. Dharma (Ed.), McGraw Hill (6th ed.). Erlangga.
Indrayana, B., & Murniati, S. (2021). Pelatihan Senam Kreasi Pada Guru Olahraga Kota Jambi: Creative Gymnastics Training in Jambi City Sports Teachers. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.22437/csp.v10i1.13581
Indrawansyah, E. J., & Widodo, P. B. (2023). Analisis Metode Stimulasi Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Darma Agung, 31(1), 612–619. https://ejurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/3091
Khadijah, N. A. (2020). Perkembangan FISIK MOTORIK Anak Usia Dini : Teori dan Praktik (Pertama). KENCANA.
Kurniawan Her, Marwany, A. L. T. (2020). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.
Listiani Nadia,N.M & Suardika. (2024). IMPLEMENTASI PERMAINAN TRADISIONAL LEMPAR GELANG. Jurnal Pelita 8(2), 429–438. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i2.3830
MAHMUD, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Munasti, E. dan D. (2022). Pengembangan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Kreasi pada Anak PAUD Balai Pengajian Baitul Ishlah Lhokseumawe 1 Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe. 1(1), 1–12.
Nuryanti., Arifin, R. R., & Ismail, H. (2018). Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam Ceria. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 101–111. https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10525
Paramita, V. D. (2021). Hari Hari Montessori untuk Anak Usia Dini (6th ed.). PT Bentang Pustaka
Pohan, J. E. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Rahmiyati. (2020). Pengaruh Senam Kreasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. 2.
Reswari, A., Lestariningrum, D. A., Iftitah, S. L., & Pangastuti, R. (2022). Perkembangan Fisik dan Motorik Anak. CV Azka Pustaka.
Santoso, S. (2012). Kesehatan dan Gizi (1st ed.). Universitas Terbuka.
Suparyanto dan Rosad. (2020). Perkembangan fisik dan motorik anak. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Winarno, M. . (1994). Belajar Motorik. DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN INSTITUT KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MALANG
Copyright (c) 2024 Anindra Retno Lestari, Tarich Yuandana, Angga Fitriyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.