Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Warna Melalui Indikator Alami Asam Basa

  • Dwi Bagus Rendy Universitas Trunojoyo Madura
  • Tarich Yuandana Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Penelitian kami mengembangkan media interaktif pengenalan warna melalui materi indikator alami asam basa. Media ini melatih anak dalam menemukan warna baru serta perubahan warna pada indikator alami asam basa. Kami menggunakan metode ADDIE  dalam mengembangakn media ini. Kami melaksanakan uji coba media kami pada kelompok anak usia 4-5 tahun (kelompok B) di RA Bustanus Shibyan dan Darul Muttaqin, Kecamatan Blega, Bangkalan. Pada penerapan media ini, kami megobservasi aktivitas dan respon anak dalam menggunakan media yang kami kembangkan. Penelitian kami menghasilkan persentase yang sangat baik dalam aktivitas dan respon anak dalam menggunakan media interaktif pengenalan warna melalui materi indikator alami asam basa.

Keywords: Media, Warna, Asam, Basa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, I. A. D., Dasmo, D., & Sumarni, R. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Menggunakan Aplikasi Appypie Di Smk Bina Mandiri Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(2), 695. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i2.10525
Chahyanto, T. N. U. R., Studi, P., Teknik, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2019). Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Di Kelas Xi Sma Muhammadiyah 1 Karanganyar.
Indira, C. (2015). Pembuatan indikator asam basa karamunting. Jurnal Kaunia, 11(1), 1–10.
Kholidiyah, N., Adhani, D. N., & Fitroh, S. F. (2020). Pengembangan Lampu Warna terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A di TK PGRI 1 Bancaran. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 47–51. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6979
Mulyana, E. H., Nurzaman, I., & Fauziyah, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 76–91. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7170
Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19336
Sukemi, S., Usman, U., Putra, B. I., Purwati, W., Rahmawati, N. N., & Pradani, S. D. A. (2018). Acid Base Indicator from Shoot-Leaves Ethanol Extract of Pucuk Merah (Syzygium oleana). JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 2(3), 139. https://doi.org/10.20961/jkpk.v2i3.11864
Sumarsih, S., Nurmalina, N., & Astuti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna dengan Metode Eksperimen. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 72–77. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.8
Virliantari, D. A., Maharani, A., & Lestari, U. (2018). PEMBUATAN INDIKATOR ALAMI ASAM-BASA DARI EKSTRAK KULIT BAWANG MERAH ( Allium ascalonicum L .). Semnastek, 1(1), 1–6.
Published
2020-12-09
Abstract viewed = 53 times
pdf downloaded = 33 times