Media Teka-teki Ular Tangga untuk Meningkatkan Kognitif Anak usia 4-5 Tahun
Abstract
Anak usia dini merupakan tahap penting dalam setiap perkembanganya untuk kehidupan selanjutnya. Anak-anak memperoleh pengalaman dalam mengenali dunia di sekitarnya sambil bermain. Melalui stimulasi yang ada di sekitar mereka, perkembangan kognitif anak akan berkembang dengan pesat. Dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun, bisa menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) seperti teka-teki ular tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Media Teka-teki ular tangga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Proses stimulasi kognitif berlangsung lebih alami dan membuat belajar lebih menyenangkan bagi anak-anak saat mereka tanpa sadar menyebutkan angka yang telah mereka lewati atau saat mereka melempar dadu.
Downloads
References
Afandi, Rifki. 2015. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 1 (1): 77–89. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2450.
Andang Sunarto, Rozian Karnedi, Haunika Wati. 2022. “Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Karakter Islami Anak Usia 4-6 Tahun (Studi Di TK Dharma Bakti Desa Talang Rio Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko).” AT-TUFULA Journal of Islamic Education Early Childhood 1 (2): 1–160. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/tufula/article/view/9845.
Arimbi, Yurike Dwi, Sri Saparahayuningsih, and Mona Ardina. 2018. “Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Kegiatan Mind Mapping.” Jurnal Ilmiah Potensia 3 (2): 64. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254.
Astuti, Fitri, and Muhammad Awin Alaby. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Ular Tangga.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara PAUD-002 Pendidikan: 1–10. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2019/article/view/131.
Atika Setiawati, Feby, and Suyadi. 2021. “Penerapan Strategi Pembelajaran Melalui Permainan Ular Tangga Tantangan Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Buah Hati 8 (1): 49–61. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1274.
Ayu, Gusti, Komang Setiani, I Gusti Ayu, Tri Agustiana, and Dewa Ayu Puteri. 2022. “Permainan Ular Tangga : Media Pembelajaran Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Mimbar Ilmu 27 (2): 262–69. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.49128.
Basri, Hasan. 2018. “Cognitive Ability In Improving The Effectiveness Of Social Learning For Elementary School Students.” Jurnal Penelitian Pendidikan 18 (1): 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054.
Bogdan, Robert dan Steven Taylor. 1992. 1992. Pengantar Metode Kualitatif. surabaya: usaha nasinal.
Bujuri, Dian Andesta. 2018. “Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar Dan Implikasinya Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan) 9 (1): 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50.
Dewi, Kurnia. 2021. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (1): 47–57.
Dewi, Tipani Liani, Dadang Kurnia, and Regina Lichteria Panjaitan. 2017. “Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Pembelajaran Pips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Wilayah Waktu Di Indonesia.” Jurnal Pena Ilmiah 2 (1): 2091–2100. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.12425.
Fardiah, Fardiah, Santosa Murwani, and Nurbiana Dhieni. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4 (1): 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254.
Fitriani, Fitri. 2022. “PERKEMBANGAN TEORI VYGOTSKY DAN IMPLIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MIS RAJADESA CIAMIS.” Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11 (1): 35–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8398.
Halim, M. Labib Al, and Muhammad Ainul Yaqin. 2022. “The Effect of Game-Based Learning Through the Snake and Ladder Game on Students’ Speaking Skills.” Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 11(2): 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/rf.v11i2.703.
Handayani, Oktarina Dwi. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran PAUD Melalui PPG.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522.
Hasan, Muhammad, MPd Binti Anisaul Khasanah, MPd Ros Endah Happy Patriyani, MKep Nahriana, MPd Heny Trikusuma Hidayati, MPd Zaifatur Ridha, MPdI Rita Umami, et al. 2021. Pengambangan Media Pembelajaran. (Uswan Kha.
Hewi, La, and Linda Asnawati. 2020. “Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1): 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530.
Joni. 2016. “Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Kegiatan Berhitung Dengan Permainan Dadu TK Mutiara Pekanbaru.” JURNAL PAUD TAMBUSAI 2 (1): 1 – 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.44.
Kurniasih, Ria. 2018. “Media Ular Tangga Jejak Petualang Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (2): 119–25. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10505.
Muthmainnah, Ika Budi Maryatun, Nur Hayati. 2016. “PENGEMBANGAN ULAR TANGGA MODIFIKASI (ULTAMOD) UNTUK MENGOPTIMALKAN PERKEMBANGAN ANAK Muthmainnah,.” JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN 9 (1): 23–34. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i1.10688.
Nasution, Elsa Mutiah, and Sardiah Srikandi. 2021. “Konsep Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini.” BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 1 (1): 1–15.
Nugrahani, Rahina. 2007. “MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL BERBENTUK PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR.” LEMBARAN ILMU KEPENDIDIKAN (LIK) 36 (1): 35–44. https://doi.org/MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL BERBENTUK PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR.
Nurhaedah, Rahmatiah, Harmiah. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain Ular Tangga Pada Kelompok B TK Aiko Kecamatan Bontoala.” Jurnal Profesi Kependidikan 3 (2): 109–16. https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/28819.
Nurhayati, Siti, and Khamim Zarkasih Putro. 2021. “Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini.” GENERASI EMAS Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4 (1): 52–64. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985.
Putri, Azlin Atika. 2021. “Kegiatan Montase Dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (2): 997–1006. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1624.
Rekysika, Nola Sanda, and Haryanto Haryanto. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 10 (1): 56–61. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000.
Rima Rahayu Melati, Warlan Sukandar, Ismira, Vivi Puspita, Zaturrahmi, Evi Desmariani, Rahmi Anwar, Jendriadi. 2023. “Penggunaan Media Ular Tangga Pada Anak Usia 5-6 Tahun Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (1): 491–99. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.1226.
Semara Putra, I Nyoman Wirya, Isti Ratna Dewi. 2016. “PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A - PDF Download Gratis.Pdf.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA 4 (2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7625.
Shofia, Maghfiroh, and Suryana Dadan. 2021. “Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Tambusai 05 (01): 1561. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086.
Siti Herlinah Wifroh, Muhammad Busyro Karim. 2014. “MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo 1 (2): 76–146. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v1i2.3554.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD. ALFABETA.
Sunaengsih, Cucun. 2016. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A.” Mimbar Sekolah Dasar (Elementary School Forum) Is an International 3 (2): 177–84. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259.
Vygotsky, Lev Semyonovich. 1999. “The Collected Works of L.S. Vygotsky: Volume 6: Scientific Legacy (Cognition and Language: A Series in Psycholinguistics).” In Libgen.Li, 176. Moscow. Russia. http://libgen.rs/book/index.php?md5=F22F27AE2FE781FEE722405ADE6366BE.
Wati, Anjelina. 2021. “Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1): 68–73. https://doi.org/10.33487/mgr.v2i1.1728.
Yenti, Yesni. 2021. “Pentingnya Peran Pendidik Dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak Di PAUD.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (2): 2045–51. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1218.
Copyright (c) 2024 Aulia Rahmi, Hibana Hibana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.