SELF-EFFICACY SISWA SMA BERGAYA KOGNITIF IMPULSIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Dian Fitriana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suhendra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadang Juandi Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat self-efficacy yang dimiliki siswa bergaya kognitif impulsif dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu dua puluh satu siswa kelas X IPA di salah satu SMA di Kota Palembang. Instrumen tes untuk mengetahui gaya kognitif siswa menggunakan Matching Familiar Figure Test (MFFT). Instrumen non-tes self-efficacy menggunakan angket yang terdiri dari 28 butir pernyataan dengan 15 pernyataan positif dan 13 pernyataan negatif berdasarkan dimensi self-efficacy. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA kelas X IPA yang bergaya kognitif impulsif memiliki tingkat self-efficacy sedang, kemudian sisanya siswa bergaya kognitif impulsif memiliki tingkat self-efficacy tinggi. Tidak terdapat siswa bergaya kognitif impulsif yang memiliki tingkat self-efficacy rendah. Dapat dikatakan bahwa siswa bergaya kognitif impulsif memiliki tingkat kepercayaan terhadap kemampuan di dalam dirinya terhadap proses pembelajaran matematika tergolong baik. Kemudian berdasarkan persentase dimensi self-efficacy diketahui bahwa siswa bergaya kognitif impulsif dengan tingkat self-efficacy tinggi maupun tingkat self-efficacy sedang memiliki keyakinan yang baik terhadap dirinya bahwa dapat menyelesaikan keberagaman tingkat kesulitan dari suatu permasalahan dan berani mengambil resiko. Namun, siswa bergaya kognitif impulsif kurang berhati-hati sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi hasil atau tingkat capaian siswa tersebut menjadi kurang maksimal.

Keywords: Gaya Kognitif, Impulsif, Pembelajaran Matematika, Self Efficacy

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acharya, Ms, Chandrama. 2002. Students’ Learning Style and Their Implications for Teacher. Center for Development of Teaching and Learning (CDTL) 5(6) pp 213-223.

Ahmad, S. R. 2016. Importance of English communication skills. International

Journal of Applied Research, 2(3), 475 – 480.

Alamsyah, T. P. dan Turmudi. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Self-Esteem Matematis Siswa Melalui Model Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1, hal. 119-128.

Ayotola, A. & Adedeji, T. 2009. The Relationship between Gender, Age, Mental Ability, Anxiety, Mathematics Self-Efficacy and Achievement in Mathematics. Cypriot Journal of Educational Sciences, 4, 113-124.

Azwar, S. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bandura, A. 1997. Self-Efficacy (The Exercise of Control). New York: W. H. Freeman and Company.

__________. 2006. Guide for Constructing Self-Efficacy Scales. In Frank Pajares& Tim Urdan (Ed.), Self-Efficacy Beliefs of Adolescents. Greenwich: Information Age Publishing.

Brown, E., et al. 2006. Reappraising Cognitive Style in Adaptive Web Applications. www2006.org/programme/files/pdf/1043.pdf (diakses 20 Desember 2019)

Creswell, J. W. 2007. Qualitative inquiry & research design: Choosing among

five approaches. 2nd edn. California: Sage.

Kagan, J. 1965. Matching Familiar Figure Test. Cambridge: Harvard University.

_______. 1966. Reflection-Impulsivity: The Generally and Dynamics of Conceptual Tempo. Journal of Abnirmal Psychology, Vol 71, No. 1, 17–24.

Kline, M. 1973. Why Johnny Can’t Add: The Failure of The New Math. New York: St. Martin’s Press.

Kozhevnikov, M. 2007. Cognitive Style in the Context of Modern Psychology: Toward an Integrated Framework of Cognitive Style. Physhological Bulletin. Volume 133 No. 3 pp.464-481.

Liu, X. & Koirala, H. 2009. The effect of mathematics self-efficacy on mathematics achievement of high school students. NERA Conference Proceedings, 30, 1-13

Martdiastuti, D. P. 2011. Gambaran Self Efficacy Siswa SMA Swasta X

Tangerang Pada Mata Pelajaran Matematika. (Skripsi). Fakultas Psikolog, Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Miliyawati, B. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Matematis Siswa SMA dengan Menggunakan Pendekatan Investigasi. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Ningsih, P.R. 2013. Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Gramatika, Vol 2 No. 2, hal 123.

Nurussafa’at, F. A., Sujadi, I., Riyadi. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’s Shcematic Model For Error Analysis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2); 174-187.

OECD. 2010. The OECD’s Programme for International Student Assessment.

Paris_: OECD

Rahman, A. 2008. Analisis Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Perbedaan

Gaya Kognitif Secara Psikologis Dan Konseptual Tempo Pada Siswa Kelas

X SMA Negeri 3 Makasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, No. 072,

Tahun ke-14, Mei. 452-473.

Rahmatina, Siti. 2014. Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didatik Matematika, 1:1,63-65.

Riding, R.J., & Rayner, S. 1998. Cognitive styles and learning strategies: Understanding style differences in learning and behavior. London: D. Fulton.

Rozencwajg, P. & Corroyer, D. 2005. Cognitive Processes in the Reflective-Impulsive Cognitive Style. The Journal of genetic Psychology. Vol. 166, No.4. Heldref Publications.

Schoenfeld, A. H. (Ed.). (1994). Studies in mathematical thinking and learning. Mathematical thinking and problem solving. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Schunk, D. H. 2012. Learning Theories: An Educational Perspectives, 6th Edition. New York: Pearson Education Inc.

Warli. 2010. Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dan Reflektif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana UNESA.

_____. 2013. Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 20(2), 190–201.

Wasida, M. R. & Hartono, H. 2018. Analisis kesulitan menyelesaikan soal model ujian nasional matematika dan self-efficacy siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 5(1), 2018, 82-95.

Published
2023-05-25
How to Cite
Dian Fitriana, Suhendra, & Dadang Juandi. (2023). SELF-EFFICACY SISWA SMA BERGAYA KOGNITIF IMPULSIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 121-133. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2642
Abstract viewed = 95 times
PDF downloaded = 153 times