Media Celemek Ajaib untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak

  • Lia Ricka Pratama IAIN Metro Lampung

Abstract

Aktivitas perkembangan sosial emosionl anak di Taman kanak-kanak sangatlah penting untuk di kembangkan, sehingga dalam hal ini peneliti mencoba untuk meneliti bagaimana proses aktivitas perkembangan sosial emosional pada anak di Taman Kanak-kanak dan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan perkembangan sosial emosional  anak melalui media celemek ajaib. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan tindakan kelas yang di ambil dari model penelitian Kemmis Mc.Taggart. Siklus dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing tahapannnya meliputi perencanaan, Pelaksanaan tindakan dan pengamatan dan refleksi. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berupa peningkatan perkembangan sosial emosional pada anak dengan menggunakan media celemek ajaib, Adapun rata-rata skor perkembangan sosial anak pada pra-siklus yaitu sebesar 40.3%, siklus I, 60.11% dan Siklus II 88.4%.

Keywords: Celemek Ajaib, Perkembangan, Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyati, N. (2019). PERMAINAN RITMIK BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. Jurnal Golden Age. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1676

DARMINIASIH, N., Marhaeni, M., & Sutama, M. (2014). PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B TK SEBANA SARI. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha.

Juniarti, Y. (2015). Peningkatan kecerdasan naturalis melalui metode kunjungan lapangan (field trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 267–284. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3505

Juniarti, Y. (2018). PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA CELEMEK PINTAR. JURNAL AUDI. https://doi.org/10.33061/ad.v3i1.2071

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12. Retrieved from http://www.e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/739

Nurjannah, N. (2017). MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI KETELADANAN. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103. https://doi.org/10.22146/bpsi.10567

Paramita, W., & Pandia, W. S. S. (2015). GAMBARAN FUNGSI MANAJEMEN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) N. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6275

Rachmawati, Y. (2000). Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Modul 1 PAUD.

Suteja, J. (2017). DAMPAK POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

Wijaya Kusuma, D. D. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. In Mengenal Penelitian Tindakan Kelas (p. 24). PT INDEKS.

Published
2020-06-18
Abstract viewed = 428 times
pdf downloaded = 310 times