Menumbuhkan Kecerdasan Emosional pada Anak Usia Dini Melalui Kesenian
Abstract
Penulisan jurnal ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara menumbuhkan kecerdasan emosional pada anak usia dini, dan untuk menumbuhkan kecerdasan emosional pada anak itu memerlukan peran besar orangtua serta untuk menumbuhkannya dapat melalui berbagai hal salah satu nya melalui kesenian. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atau studi literatur dengan subjek penelitian anak usia 4-6 tahun. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkan data dari beberapa sumber yang tertera dalam jurnal referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kesenian seperti metode bercerita atau mendongeng, melalui musik feeling, melalui bermain serta tak luput dari peran serta orangtua ketika memberikan pendidikan terhadap anaknya sehingga dapat memunculkan kecerdasan emosional seperti yang diharapkan.
Downloads
References
Gandana, G. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional “Kaulinan Barudak” Di Taman Kanak-Kanak. Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(1), 58–72.
Hariyanto. (2018). Menanamkan kecerdasan emosional pada anak usia dini melalui cerita dan musik. 2(2).
Haryati, S. Y., & Atmaja, J. R. (n.d.). PENGARUH PENGAWASAN ( CONTROLLING ) ORANG TUA PENDAHULUAN Peran orang tua dan pendidik pada dasarnya mengarahkan anak- anak sebagai generasi unggul , karena potensi anak tidak akan tumbuh dengan sendirinya tanpa bantuan orang Mereka subur untuk memerlukan. 91–103.
Priyanti, L., & Setyowati, N. (2017). Optimalisasi kecerdasan emosi melalui musik feeling band pada anak usia dini. E-Journal.Unipma.Ac.Id, 3(1), 20–33.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, pp. 1–8. Retrieved from yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf
Ramadhan Lubis, K. (2018). Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 177–186. https://doi.org/http://dx.doi.org./10.14421/al-athfal.42-05
Yetti, E.-. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Gerak Tari Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Panggung, 22(2), 213–224. https://doi.org/10.26742/panggung.v22i2.63