Potret PAUD di Desa Compang Ndejing
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyoroti keadaan satuan PAUD di Dusun Sok. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, dan orangtua di PAUD Santa Angela. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Temuan hasil penelitian menunjukkan potret pendidik, hanya terdapat 1 orang guru tamatan SMA, serta masih kurang memiliki kompetensi profesional dan pedagogik, potret Sarana dan Prasarana, PAUD Santa Angela hanya memiliki sebuah ruangan yang digunakan sebagai ruang belajar berlantai tanah untuk memberikan layanan berupa rangsangan pendidikan kepada anak-anak yang berusia 2 hingga 6 tahun, kursi plastik yang berukuran sesuai untuk anak-anak, sebuah papan tulis kecil, gambar huruf dan angka, sebuah ayunan yang terbuat dari kayu, serta satu set lego. Toilet yang digunakan merupakan toilet rumah yang dipakai bersama dengan pemilik lahan tempat satuan PAUD berdiri.
Downloads
References
Christianti, M. (2012). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2923
Direktorat Pembinaan PAUD Kemdikbud. (2014). Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. 33. http://www.paud.kemdikbud.go.id
Inawati, T. (2014). Kondisi Sarana Dan Prasarana Di Taman Kanak-Kanak Yayasan Wanita Kereta Api Yogyakarta. Skripsi, 53(9), 17–22. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Jannah, N. F. (2019). Pengaruh Sarana Prasarana terhadap Pembelajaran Anak di TK Aisyiyah Se-Kecamatan Colomadu.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesi No 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 1–15.
Kurniawan, N. (2017). Pengaruh Standart Sarana dan Prasarana terhadap Efektifitas Pembelajaran di TK Al-Firdaus. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 14–26.
Mustika. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru Taman Kanak-kanak Negeri Pembina di Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 93–98.
Pelagia Rodah, Muhamad Ali, D. (2013). Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Puspita, W. A. (2010). Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sebagai Model Perilaku Anak Usia Dini. VISI, 5(2), 209–215. https://doi.org/10.21009/jiv.0502.9
Rizal. (2014). Perbedaan Tingkat Perkembangan Anak Usia Prasekolah yang Sekolah TK dan Anak yang Tidak Sekolah TK di Desa Banarsari Kec. Bantarbolang Pemalang. FIKkes Jurnal Keperawatan, 7(1), 36–48. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Saripudin, A. (2019). Kompetensi Guru Pendamping PAUD dalam Memenuhi Standar Layanan PAUD Non Formal. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 67–77.
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tamaya, E. (2017). Analisis Implementasi Standar Sarana Prasarana Paud Dikaji Berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Paud. Skripsi Universitas Negeri Semarang, 137.