Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini Melalui Creative Dance di RA Perwanida Ringinanaom

  • Ervin Nuriana Universitas Negeri surabaya
  • Setyo Yanuartuti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah bagian dari proses pendidikan anak secara khusus mempelajari usia 0-6 tahun. Pendidikan anak usia dini merupakan masa penting anak untuk membekali ilmu-ilmu dasar yang sekiranya anak mampu menerima, memahami, dan mampu menerapkan. Sehingga, hal ini akan menjadi modal anak bahwa apa yang telah anak tanamkan akan dibawanya ke tahap pendidikan selanjutnya. Pendidikan seni, sebagai bagian dari mata pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa,salah satu pembelajaran seni untuk anak usia dini  adalah seni tari. Tari merupakan pendekatan yang ideal dengan tujuan merangsang daya imajinasi dan kreativitas dalam berfikir serta membentuk jiwa melalui pengalaman emosi, imajinatif, dan ungkapan kreatif, melalui materi creative dance anak menjadi bebas bergerak sesui dengan imajinasi mereka. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, kemudian di jabarkan melalui model ADDIE diharapkan mampu meningkatkan karakter anak sebagai bekal menuju pendidikan selanjutnya, sehingga guru dapat memiliki strategi baru mengenai pembelajaran seni melalui creative dance.

Keywords: Creative Dance, Pendidikan Anak Usia Dini, Seni Tari

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armayani. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Dasar Seni Dan Desain Berbasis Proyek Dalam Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Universitas Jember.

Departemen Pendidikan Nasional. (n.d.). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Pendidikan Anak usia Dini.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisitem Pendidikan Nasional.

Dewi, M. (2013). Dimensi Kreatif dalam Pembelajaran Seni Tari. Jakarta: Paskaik.

Fakriyah, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 193–200.

Fostnot. (1996). Enquiring Teachers, Enquiring Learners : A Constructivist Approarch For Teaching. New York : Columbia University.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. (Jakarta: Rajawali Pers.

Laban, R. (1976). Modern Educational Dance edisi 3. London : Macdonald and Evans.

Mintari, R. S. (2013). Pendekatan Saintifik dalam Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD, Buku Pendamping Guru PAUD (TK/RA). Surabaya: Lentera.

Mulyaningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Solehuddin, M. (2000). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung : FIP UPI.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Published
2020-06-12
Abstract viewed = 1331 times
pdf downloaded = 948 times