Implementasi Penilaian Berbasis Portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi implementasi/penerapan penilaian berbasis portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa dalam penerapan penilaian berbasis portofolio di PAUD Laismanekat Nasipanaf Kupang meliputi empat hal, yaitu (1) Konteks: penilaian yang dilakukan sesuai dengan pedoman penilaian PAUD Permendikbud RI No 146 Tahun 2014, (2) Input: Masukan dalam penelitian ini, adalah latar belakang pendidik, sarana prasarana yang tersedia cukup menunjang, dan peran guru pada penilaian portofolio mendukung, (3) Proses pelaksanaan penilaian berbasis portofolio sesuai dilakukan berdasarkan langkah-langkah penilaian portofolio menurut Supranata dan Hatta, (4) Produk atau hasil penilaian berbasis portofolio yang dilakukan yaitu berupa dokumen semua perkembangan anak yang sudah dikumpulkan selama satu semester yaitu satu bendel map dengan menuliskan nama dari masing-masing anak serta raport anak. Kesimpulan dari keseluruhan evaluasi implementasi penilaian berbasis portofolio sudah cukup baik namun masih diperlukan pembenahan dalam penggunaan pedoman penilaian yang ada.
Downloads
References
Arifin, Zainal. (2017). Evaluasi Pembelejaran Prinsip, Teknik dan Prosedur. Bandung: Rosda.
Badrujaman, Aip. (2009). Diktat Teori dan praktek evaluasi program bimbingan konseling. Jakarta.
Creswell, John W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitaif, Kuantitatif, dan Mixed.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, V. P., Poerwanti, Jenny IS., & Sutijan. (2018). Penerapan Penilaian Portfolio dalam Asesmen Perkembangan Motorik Halus Anak diTK Se-gugus Arjuna Kecamatan Jatipurno.Universitas Sebelas Maret.
Fadlillah, Muhammad. (2016). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Gede, Wartawan P. (20180. Effect Of Using Portfolio Assessment To Improve Scientific Attitude Of Students Learning Physics In High School.SHS Web of Conferences GC-Tale.
Gelfer, J.I., Xu, Yaoying., & Perkins, Peggy. G. (2004). Developing Portofoliosto Evaluate Teacher Performance in Early Childhood Education”.Early Childhood Education Journal, 32(2). Nevada: Businnes Media, Inc.
Gustina, Rahani. (2018). Implementation Of Portfolio Assessment In Primary Schools(TesisMaster tidak dipublikasikan), Education Program Teacher Elementary School. Jurusan Ilmu, FKIP Universitas Jambi.
Jamaris, Martini. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Grasindo.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan DanKebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan DanKebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Knauf, Helen. (2017). Making An Impression: Portfolios As Instruments Of Impression Management For Teachers In Early Childhood Education And Care Centres.Early Childhood Educ J . Doi: 10. 1007/S10643-016-0791-0.
Kusaeri. (2014). Acuan & Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Miles, Matthew B dan Huberman, A. Michael. (2014). Analisis Data Kualitatif. Buku SumberTentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexi J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Muna, Izza. A. (2017). Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains.Ponorogo: Ibriez, 2 (1).
Mulyatiningsih, E. (2011). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Nazir, M. (2003). Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurhayati, F.R., & Sumbawati, M. S. (2014). Pengembangan E-Portfolio Sebagai Instrumen Penilaian di SMK Negeri 2 Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 03 (01), 253-259.
Patmonodewo, Soemiarti. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Pusbuk Depdiknas dan Rineka Cipta.
Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. (2015). Pedoman Penulisan Tesis Dan Disertasi. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Setiyani, Nanik. (2014). Analisis Pelaksanaan Penilaian Portofolio Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun Oleh Guru Tk Se-Kecamatan Kratek (Tesis master tidak dipublikasikan). Bantul Yogyakarta.
Silva, B. & Craveiro, C. (2014). O Portefolio Como Estrategia De Avaliacoa Das Aprendizagens Na Educacao De Infancia: Consideracoes Sobre A Sua Pratica. Electronic Journal. 29 p.033-053. Portugal.
Stufflebeam, D.L & Shinkfield, A.J. (1985). Avaluation Theory, Models & Applications. Amerika: Jossey-Bass.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Sudjana, Nana. & Ibrahim. (2014). Penelitian Dan Pinilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliana Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Sukmadinata, Nana. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Sumardi. Maudyla, Clara V. (2016). Implementasi Model Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Lesson Study.Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. FKIP UNS.
Surapranata, Sumarna. & Hatta. Muhammad. (2004). Penilaian Portofolio ImplementasiKurikulum 2004. Bandung: Rosda.
Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.
Suyadi. (2016). Perencanaan dan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal lmiahTumbuh Kembang Anak Usia Dini. 1 (1). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Widoyoko, Eko. P. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tanwey, Ratumanan T., & Theresia L. Edisi 3. (2011). Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pensil Komunika.
Yamin, Martinis. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yus, Anita. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.
Zahro, F.I. (2015). Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.Tunas Siliwangi. 1(1).