Efektivitas Permainan Gelas Angka Pada Kemampuan Membilang Angka 1-10 Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat memperoleh gambaran mengenai bagaimana efektivitas membilang angka 1–10 melalui metode permainan gelas angka pada anak kelompok A di TK Tunas Mekar Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain Nonequivalent Control Group Design . Sampel penelitian adalah kelompok A1 yang menggunakan permainan angka pada membilang 1-10 dan kelompok A2 tanpa menggunakan permainan gelas angka pada membilang angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar di kelas Eksperimen memilik nilai rata-rata sebesar 76,41 dan di kelas Kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 65,47 dengan selisih antara dua kelompok sebesar 10,47, yang berarti bahwa ada terjadinya peningkatan di kelas ekseperimen ketika menggunakan metode permainan gelas angka, maka penggunaan metode permainan gelas angka efektif digunakan pada kemampuan membilang angka 1-10 anak usia dini kelompok A di TK Tunas Mekar Banjarmasin.
Downloads
References
Agung, T. (2013) Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi Offset.
Cahyo, A. N. (2011) Gudang Permainan Kreatif khusus Asah Otak Kiri Anak. Yogyakarta: Flasbooks.
Coupley, J. (2007) The Young Child and Mathematics. Washington DC: National for The Children the Education of young Children.
Depdiknas (2007) Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak. Jakarta.
Fitriyani. (2015) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 dengan Media Gambar Asosiatif di Kelompok B Tk Budi Rahayu. Jurnal Pendidikan. 6. 1-9
Hartati Sofia, 2005 Perkembangan Belajar pada Anak Usia Dini,Jakarta,Depdiknas
Issabela Hasania, Aniek Wirastania. (2017). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Kartu Angka pada Taman Kanak-kanak Kelompok A. Jurnal Wahana. 69 . 61-66
Margono (2014) Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Masitoh (2005) Pendekatan Belajar Aktif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.
Montolalu dkk, 2012, Bermain dan Permainan Anak, Tangerang Selatan,Universitas Terbuka
Sugiyono (2011a) Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2011b) Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudarwati Umi. (2018) Peningkatan Kemampuan Membilang 1-20 Melalui Permainan Puzzle pada Anak Kelompok B di TK Tunas Rimba 1 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Warna. 3 (1). 20-37
Syafitri, ockti dkk (2018) Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Permainan Pohon Hitung pada Anak Usia 4-5 Tahun di BKB PAUD Harapan Bangsa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. 4 (3). 193-205
Triharso Agung, 2013 Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini: (Yogyakarta;Andi Offset,)
Rahman Taopik dkk. (2017) Peningkatan Kemampuan Anak usia Dini Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD agapedia. 1 (1). 118-128
Reswita, wahyuni sri (2018) Efektivitas Media Pasir dalam Meningkatkan Kemampuan konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Aisyiyah Bengkalis. Jurnal Lectura:Jurnal Pendidikan 9 (1). 43-51.