Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Makan Bagi Anak Tunagrahita Sedang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bina diri makan anak tunagrahita sedang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu dua anak tunagrahita kategori sedang kelas III Sekolah Dasar Luar Biasa di SLB C Perwari Ancaran Kuningan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bina diri makan pada anak tunagrahita sedang kelas III Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa C Perwari Ancaran Kuningan antara lain, menunjukan hal yang positif, terdapat kemampuan perkembangan sehingga mereka dapat mengikuti intruksi dengan baik.
Downloads
References
Ahmadi dan Uhbiyati. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Alex Sobur. (2009). Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Burhan Bungin. (2010). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada.
Cahyati, N. (2019). Permainan Ritmik Bagi Perkembangan Sosial Emosional Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Golden Age. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1676
Depdiknas. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi Sekolah Luar Biasa. Jakarta: Depdiknas.
Endang Rochyadi. (2005). Pengembangan Program Pembelajaran Individual. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Endriyati. (2011). Pembelajaran Bina Diri Anak Tunagrahita Klasifikasi Sedang Kelas D III di SLB Damayanti Ngaglik Sleman. Skripsi. Yogyakarta: PLB FIP UNY .
Maria J Wantah. (2007). Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Mampu Latih. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mumpuniarti. (2003). Ortodidaktik Tunagrahita. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Mumpuniarti. (2007). Pembelajaran Akademik Bagi Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY.
Depdikbud. (1997). Kurikulum Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Depdikbud
Nasution. (2003). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.
Robbins, Stephen P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks.
Sugiyono.(2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suranto dan Soedarini. (2002). Kemampuan Merawat Diri. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Sutjihati, Somantri. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.
Syaiful, Bahri Djamarah dan Azwan Zain. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tu'u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo