Penerapan Permainan Memancing Ikan untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berhitung anak sebelum, selama proses, dan sesudah dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan melalui permainan memancing ikan dalam upaya meningkatkan kemampuan berhitung anak di kelompok BI TK Siti Fatimah Kelurahan Purwawinangun Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Metodologi dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus dengan tahapan tindakan: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknis pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan alat pengumpul data berapa lembar observasi dan lembar tes kemampuan anak. Hasil penelitian menunjukan kemampuan awal anak dalam berhitung 1-10, anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) hanya ada 3 orang atau sekitar 18,75% dari jumlah 16 orang, sedangkan setelah menerapkan permainan memancing ikan kemampuan anak dalam berhitung 1-10, anak yang berkembang sesuai harapan (BSH) meningkat menjadi 12 orang atau sekitar 75 % dari 16 orang.