Model Pembelajaran Kooperatif dengan Permainan Estafet untuk Morotik Kasar Anak Usia Dini

  • rohyana fitriani Universitas Hamzanwadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model dan mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif dengan permainan estafet bagi anak usia 5-6 tahun. Penelitian dan pengembangan mengacu pada langkah yang dikembangkan Borg & Gall. Desain pengembangan dikelompokkan menjadi 3 langkah, yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) proses pengembangan, (3) uji coba dan finalisasi. Subjek uji coba lapangan awal  adalah 20 anak kelompok B TK ABA Karangmalang Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan luas adalah 32  anak dari dua sekolah yaitu TK ABA Karangmalang dan TK Nasional Samirono. Subjek uji operasional berjumlah 33 anak TK Al-Falaah Batu Belek. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar angket, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Percentage of Agreement dan Paired Samples Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil antara pretest dan postest setelah menggunakan pembelajaran kooperatif dengan permainan estafet dengan p < 0,05 yaitu nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak.

Keywords: model kooperatif, estafet, motorik kasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational Research. New York & London: Longman.

Dikdik Z.S. (2010). Mengajar dan Melatih Atletik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Eko Putro Widoyoko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Muhammad Fadlillah. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lestari, Indah & Ratnaningsih. (2016). The Effects of Modified Games on the Development of Gross Motor Skill in Preschoolers. International Journalh of Evaluation and Research in Education (IJERE). Vol. 5. No. 3, pp. 216-220.

Luo, Yi & Sun, Yun. (2013). The Effects of Collectivism-Individualism on the Cooperative Learning of Motor Skill. Journal of International Students, Vol. 3.

Lutan, R. (1997). Belajar Keterampilan Motorik. Jakarta: Dikbud.

Nisnayeni. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Irama di Taman Kanak-Kanak Bina Ummat Pesisir Selatan. Volume 1. No. 1.

Heri Rahyubi. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Septi, Dwi. (2015). Peningkatan Kemampuan Gerak Lokomotor Melalui Permainan Lari Estafet Modifikasi. Jurnal PAUD UNJ. Edisi 9 Volume 1.

Published
2019-12-24
Abstract viewed = 777 times
pdf downloaded = 449 times