Metode Pembiasaan dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak

  • Neneng Siti Aisyah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Sopian Asep Nugraha STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui penerapan metode pembiasaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini di TK Mutiara Bunda Kec. Jombang Kota Cilegon dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan datanya yaitu perpanjangan keikutsertaan peneliti dan triangulasi antar narasumber/responden. Sedangkan teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi guru melalui penerapan metode pembiasaan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini di TK Mutiara Bunda Kec. Jombang Kota Cilegon, yaitu bahwa guru harus menjadi teladan yang baik bagi anak usia dini dengan memberikan contoh perilaku yang baik terlebih dahulu sehingga anak dapat menirunya, mengajarkan anak untuk senang berbuat baik dan menolong orang lain, mengajak dan membiasakan anak agar berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, mengucapkan salam kepada orang dilingkungannya dan menjalankan ibadah ajaran agamanya, serta memberikan motivasi kepada anak untuk menggapai cita-citanya; hambatan dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak usia dini di TK Mutiara Bunda Kec. Jombang Kota Cilegon, yaitu karakter dan perilaku setiap siswa yang berbeda sehingga membutuhkan treatment (penanganan) yang berbeda pula serta perkembangan teknologi saat ini seperti kecanduan bermain game dan gadget (handphone) yang memberikan dampak yang buruk bagi pengembangan kecerdasan spiritual anak usia dini.

Keywords: Metode Pembiasaan, Kecerdasan Spiritual Anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Rajagrafindo, 2015.

Hidayat, N. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembiasan Di Pondok Pesantren Pabelan. JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2 (1) 15 Hasnida, Media Pembelajaran Kreatif: Mendukung Pengajaran pada Anak Usia Dini, Jakarta: Luxima Metro Media, 2015.

Jamaris, Martini, Pengukuran Kecerdasan Jamak, Bogor: Ghalia Indonesia, 2017. Lalompoh, Cyrus T., dan Kartini Ester Lalompoh, Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Keagamaan Bagi Anak Usia Dini, Jakarta: Grasindo, 2017.

Majid, Abdul, Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2013. Mursid, PengembanganPembelajaran PAUD, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017. Najib, Muhammad, dkk, Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media, 2016.

Nugraha, S. A. (2022). PEMBINAAN KEPRIBADIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN BINAUL UMMAH KELURAHAN CIPARI KECAMATAN CIGUGUR KABUPATEN KUNINGAN (STUDI DESKRIPTIF HALAQOH TARBAWIYYAH). Journal of Islamic Education and Social Science, 1(1), 1-14. Putriani, M, L. 2016 Peningkatan Kemandirian Melalui Metode Pembiasaan Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Bina Insan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 5 (9): 9.

Siti, M. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan 1 (1): 152

Risnawati, R. 2019. Hubungan Proses Belajar Mengajar Berbasis Teknologi dengan Hasil Belajar. Jurnal Psikologi 36 (2): 165

Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan II (2): 32

Siswanto, Wahyudi, dkk, Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak, Jakarta: Amzah, 2018.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2014. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Bandung: Alfabeta.

Published
2023-12-20
Abstract viewed = 126 times
pdf downloaded = 124 times