Pembentukan Karakter Anak Didik RA (Raudhatul Athfal) Melalui Pembiasaan “Kata Ajaib”
Abstract
Pembentukan karakter pada anak usia dini menjadi hal yang sangat penting. Masa anak usia dini merupakan masa dimana stimulus yang diberikan akan diterima dan direkam oleh otak dengan sangat baik. Dengan pembiasaan lima kata ajaib yaitu maaf, terima kasih, tolong, permisi, silakan dapat terekam dengan baik oleh anak sehingga pada anak memunculkan karakter sopan dan santunnya yang digunakan terus menerus dalam kehidupan sehari hari. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengamati langsung objek yang akan diteliti yaitu anak didik RA Masyithoh 13 Sokaraja pada waktu proses pembelajaran ataupun di luar pembelajaran. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Dengan menggunakan analisis triangulasi data yaitu pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data/ penarikan kesimpulan model Milles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukan pembiasaan kata ajaib selalu dilakukan oleh anak didik RA Masyithoh 13 Sokaraja Lor.
Downloads
References
Amelia, C. R. T. (2021). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 2(2), 126–134. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.108
Amrina, A., Aprison, W., Sesmiarni, Z., M, Iswantir, & Mudinillah, A. (2022). Sekolah Ramah Anak, Tantangan dan Peluangnya dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Globalisasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6803–6812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2130
Dewi, N. K., & Apriliani, E. I. (2019). Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa pada Anak Usia Dini di PAUD Al-Falah Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 84. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.368
Dwi Harianti. (2020). Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di Apple Tree Pre-School Lombok. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 103–110. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.67
Hayatun Nufus, D. I. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISEKOLAH MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA KALAMUN (PAPADANG ATI) SEBELUM MULAI BELAJAR. Jurnal Al-Ittijah, 11.
Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 50–55.
Kholilah, & Astuti, R. (2021). Pembentukan Karakter Kedermawanan Anak Melalui Kegiatan Jum ’ At Beramal Di Raudhatul Athfal Al-Firdaus Pamekasan. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 26–39.
Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333–344. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
M Anwas. (2020). Strategi Menulis Artikel Jurnal Bereputasi. PT Remaja Rosdakarya.
Mansur, M. (2020). Membangun karakter siswa melalui kearifan lokal. Jurnal Pusaka, 1(1), 22–33.
Masruroh, A., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Jawa Melalui Bermain Peran terhadap Perilaku Sopan Santun Anak. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(1), 21–30. https://doi.org/10.30653/001.202041.121
Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429
Putri, F. S., Fauziyyah, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4987–4994. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1616
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Santosa, S., & Andrean, S. (2021). Pengembangan dan Pembinaan Karakter Siswa dengan Mengoptimalkan Peran Guru Sebagai Contextual Idol di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 952–957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.849
Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar. JKTP - Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175.
spradley. (2018). Foundamental of Qualitative Research. Research Gate, March, 1–9. https://www.researchgate.net/publication/323557072
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Ulya, K. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58
Copyright (c) 2023 Asniar Fajarini, Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.