Analisis Kemampuan Membaca Cerita Fiksi SDN 3 Sampora dI Era Pandemi

  • Muhafidin STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Pristy Resmi Nur Indrayani STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca cerita fiksi SDN 3 Sampora di Era Pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru yang merupakan wali kelas dan siswa yang berjumlah lima siswa. Data ini dikumpulkan melalui pra-wawancara, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun Indikator kemampuan membaca yang digunakan dalam penelitian ini menurut pendapat Masruroh yaitu siswa mampu melafalkan atau membaca bahan bacaan dengan intonasi yang baik dan benar, siswa mampu menempatkan dan memahami tanda baca dengan baik, dan siswa mampu menjawab pertanyaan dari isi bacaan dengan baik dan benar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca cerita fiksi pada siswa SDN 3 Sampora di era pandemi yaitu siswa menyukai pembelajaran mengenai cerita fiksi dan mampu membaca cerita fiksi dan di era pandemik siswa mempunya kemampuan pelafalan, menempatkan tanda baca dengan baik, dan berkemampuan menjawab pertanyaan dari isi bacaan. Walapun hal tersebut dilakukan melalui media video call seluler.

Keywords: Kemampuan Membaca, Cerita Fiksi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus S., D. (2020). Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi Era New Normal (R. Mubit (ed.)). Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya. Syar-I, 7(5), 395–402.

Amalia, F. N. (2018). Perbandingan Kemampuan Membaca Cerita Rakyat Sumatera Selatan Dan Cerita Pendek Tebitan Kompas. Seminar Nasional Pendidikan Universitas PGRI Palembang.

Aminuddin. (2014). Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Andriana, E., R., S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA di SD pada Masa Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 409–413.

Fatimah, A. (2017). Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Rakyat Soppeng Dalam Pembelajaran Bahasa Daerah Siswa Kelas VIII Smp Negeri 4 Liliriaja Kabupaten Soppeng. Jurusan bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa Dan Sastra Universitas Negeri Makassar Makassar.

Liswina F., M. N. (2020). Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi. Bale Aksara, 1(1), 31–42.

Ma’wa, M. Z., Zahara, R., & Rohartati, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Cerita Fiksi Pada Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Primaria Educationem Journal, 2(2), 135–143.

Makinuddin, D. (2006). Analisis Sosial Bersaksi dalam Advokasi Irigasi. Bandung: Yayasan Akatiga.

Masruroh, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Dengan Menggunakan Teknik Scramble Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas Va Sd Nurul Islam Purwoyoso Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Mirasanth, K. G., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2016). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Membaca Pemahaman Pada Wacana Narasi Kelas V Sd Negeri 1 Penarukan. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Nuriyatun, P. D. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Sd Negeri 1 Bantul. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Pebriani, S. I. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV di SDN Paninggaran. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP Muhammadiyah Kuningan.
Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 301–306.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D). Bandung: CV ALFABETA.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

Yuliana, R. (2017). Pembelajaran Membaca Permulaan Dalam Tinjauan Teori Artikulasi Penyerta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 342–350.

Zulela. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar (A. S. Wardan (ed.)). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset - Bandung.
Published
2023-06-30
Abstract viewed = 242 times
PDF downloaded = 187 times