Pengembangan Media Sand Table Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan

  • Ajeng Rahayu Tresna Dewi stkip mUHAMMADIYAH kUNINGAN
  • Indriyanti Indriyanti STKIP Muhammadiyah Kuningan

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk Pengenalan konsep lambang bilangan pada anak usia dini hendaknya disampaikan melalui kegiatan belajar sambil bermain atau dengan menggunakan media pembelajaran agar pembelajaran yang dilakukan lebih efektif, kreatif dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan di KB Nurul Hidayah Pamulihan dimana terdapat 17 orang anak di kelas B2 yang masih kesulitan mengenal konsep lambang bilangan, 9 anak di kelas eksperimen dan 8 anak dikelas control. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian R&D (Research And Development). Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan statistik rata-rata hasil post test kelas eksperimen bernilai 18,67 dan rata-rata hasil post test kelas kontrol 9,88. Artinya penggunaan media sand table terbukti sangat efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan.

Keywords: lambang bilangan, mmedia sand table

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliani, Ni Wyn. 2013. “Penerapan Model Number Head Together Dengan Media.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha.
Asri Devi, Ni Made Intan. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 3(3):416. doi: 10.23887/jippg.v3i3.28331.
Faizat, Luluk Tri. 2004. “Efektivitas Media Spindle Box Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini.” Pelita Paud (September 2003):1–20.
Guru, Pendidikan, Pendidikan Anak, Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, and Universitas Negeri Semarang. 2020. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA MAKANAN LANTING ANGKA DI TK TUNAS.”
Kementrian Pendidikan Nasional RI. 2014. “Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014.” Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia 1–76.
Kholidiyah, Nurul, Dwi Nurhayati Adhani, and Siti Fadjryana Fitroh. 2020. “Pengembangan Lampu Warna Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A Di TK PGRI 1 Bancaran.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 7(1):47–51. doi: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6979.
Malapata, Elisa, and Lanny Wijayanigsih. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Lumbung Hitung.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):283. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.183.
Mungkur, M. P., E. Puspitasari, and D. Chairilsyah. 2021. “Pengembangan Media (Nulile) Number Light Led Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Lambang Bilangan Pada Anak Usia 3-4 Tahun.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5:10677–83.
Mulyati, Cucu, Dindin Abdul Muiz, and Taopik Rahman. 2019. “Pengembangan Media Papan Flanel Untuk Memfasilitasi Kemampuan Konsep Bilangan Anak Pada Kelompok B.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 1(1):59–68. doi: 10.31004/jpdk.v1i1.362.
Nopayana, Siska, Deti Rostika, and Moh Helmi Ismail. 2018. “Upava Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Beserta Lambang Bilangan Pada Anak Melalui Media Papan Flanel Modifikasi.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1). doi: 10.17509/cd.v7i1.10545.
Remaini. 2019. “Peningkatan Kemampuan Mnegenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar Di TK Negri Pembina Lubuk Basung.” Jurnal Pesona PAUD 1(1):1–13.
Reswita, Sriwahyuni.2018.”Efektivitas Media Pasir Dalam Meningkatkan kemampuan Konsep Bilangan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bengkalis” jurnal pendidikan Vol 9, No 1, Februari 2018
Reswita, Reswita, and Sri Wahyuni. 2018. “Efektivitas Media Pasir Dalam Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bengkalis.” Lectura : Jurnal Pendidikan 9(1):43–51. doi: 10.31849/lectura.v9i1.927.
Sumardi, Sumardi, Taopik Rahman, and Iis Syifa Gustini. 2017. “Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Playdough.” Jurnal Paud Agapedia 1(2):190–202. doi: 10.17509/jpa.v1i2.9359.
Suprapti, Endang. 2016. “Peningkatan Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini Dengan Microsoft Powerpoint Ispring Pada Materi Pengenalan Konsep Bilangan.” Jurnal Pedagogi 2(1):27–33.
Published
2023-06-26
Abstract viewed = 249 times
pdf downloaded = 162 times

Most read articles by the same author(s)