Analisis Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Mahir Calistung Sebagai Persiapan Transisi PAUD
Abstract
Pembelajaran Calistung pada anak usia dini sering kali menjadi penilaian atas dirinya sendiri suatu lembaga PAUD. Hal tersebut muncul dari perspektif-perspektif yang ada di masyarakat. Dalam proses merubah persepsi selain dengan dibarengi adanya dukungan dari pemerintah seperti salah satunya dengan merubah persyaratan penerimaan peserta didik baru pada tingkat SD, dengan begitu dapat meminimalisir pemahaman dan tuntutan orang tua terhadap hasil belajar anak pada masa transisi PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan dalam menganalisis data yang ada dan dituangkan dalam bentuk tulisan deskriptif dengan subjek orang tua dan pada kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung) pada anak usia dini.Hasil penelitian ini yaitu dengan adanya kebijakan penghapusan tes calistung pada PPDB SD, pemerintah memiliki program dalam menciptakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dalam kurikulum terbaru setelah Kurikulum 2013 yaitu Kurikulum Merdeka. Hal ini sebagai salah satu dasar agar dapat meluruskan miskonsepsi pada orang tua dan masyarakat sekitar agar pembelajaran di PAUD dapat memaksimalkan aspek perkembangan anak.
Downloads
References
Denney & Tewksbury. (2013). Metode Penelitian. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Dewi, N.F.K & Hasanah, U. (2021). Persepsi Orang Tua Dalam Pembelajaran Calistung Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Akhlakul Karimah. Ceria, 13(2), 16–24.
Dian Pertiwi, Syafrudin, U., & Drupadi, R. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pentingnya CALISTUNG untuk Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 62–69. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5875
Etivali, A. U. Al, & Kurnia, A. M. B. (2019). Pendidikan pada anak usia dini. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–236.
Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Khan, R. I., & Wulansari, W. (2021). Pengaruh Pemberian Pelatihan Menulis Kreatif Terhadap Keterampilan Menulis Dongeng Anak. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 15–23. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1329
Lisnawati, L. (2020). Pengaruh Parenting Terhadap Pemahaman Orang Tua Mengenai Calistung pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 26–31. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/1076/578
Ma’ruf, E. N., & Syamsudin, A. (2021). Perspektif Orang Tua terhadap Pelaksanaan Les Calistung di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 430–444. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.935
Marlisa, L. (2018). Tuntutan Calistung Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(3), 25–38. https://doi.org/10.14421/jga.2016.13-03
Mustifa, R. (2019). Transisi Paud Ke Jenjang Sd : Ditinjau Dari Muatan Kurikulum Dalam Memfasilitasi Proses Kesiapan Belajar Bersekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 412–420.
Mutmainnah; Silawati. (2020). Analisis Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung Anak Usia Dasar Melalui Bimbingan Belajar Di Rumbel Arira. RELIGION: JURNAL AGAMA, SOSIAL, Dan BUDAYA, 5(3), 248–253.
Rachman, Y. . (2019). Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung Pada Anak Usia Dini. JURNAL KAJIAN DAN PENGEMBANGAN UMAT, 2(1), 14–22.
Rahayu, N. (2018). PEMBELAJARAN CALISTUNG BAGI ANAK USIA DINI Learning of “ Calistung ” ( Reading , Writing , and Calculating ) for Early Childhood. 1(2).
Sofia, A., Yulistia, A., & Widayati, P. N. (2023). Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Anak Usia.
Suhati, S., & Islami, C. C. (2018). Pengaruh Peran Orangtua Melalui Kegiatan Parenting Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(1), 58–65. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/436
Wulansuci, G. (2021). Stres Akademik Anak Usia Dini : Pembelajaran CALISTUNG vs . Tuntutan Kinerja Guru. 6(2), 79–86.
Rosa, N. (2023, 2 Mei). “Guru Besar PGSD di
Hardiknas 2023: Dunia Belajar Anak Dipenuhi Tuntutan Orang Tua”, detikEdu, hlm. 1-3
detikEdu, T. (2023, 28 April). “Infografis: 4 Hal yang
Bisa Hambat Kesuksesan Anak”, detikEdu, hlm.1-2
Aisyah, N. (2023, 13 April). “Larangan Uji Calistung
Menurut Pakar Unesa: Memang Bukan Fase Usia 5-6”, detikEdu, hlm.1-2
Yulianti, C. (2023, 30 Maret). “Dukung Hapus
Calistung di Tes Masuk SD, FSGI : Evaluasi Juga Buku Kelas 1 SD”, detikEdu, hlm. 1
Yulianti, C. (2023, 29 Maret). “Hapus Calistung di Tes Masuk SD, Nadiem: Transisi PAUD ke SD Harus Menyenangkan. detikEdu, hlm.1
Rosmanti. (2023). Cara Menciptakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Jakarta : Kemendikbudristek
Muhammad, M & Islam, M.F.N. (2023, 28 Maret). “Nadiem Makarim: Kebijakan Baru Transisi PAUD ke SD Dimulai Tahun Ini”. Jakarta: JPNN, hlm.1-3
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Asiah, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. TERAMPIL : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1),19 – 43. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746
Nurhalimah, S & Gustiana, E. (2021). Pengaruh Persepsi Orang Tua Terhadap Pembelajaran Calistung Untuk Anak Usia Dini di TK Asih. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 3(2), 106 – 112. https://doi.org/10.37411/jecej.v3i2.529
Astungkoro, R & Dwinanda, R. (2023, 28 April). “Tiadakan Tes Calistung, Nadiem Ulas Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan”. Republika. hlm.1-2
Ditjen, Kemdikbud, dkk. (2023) .Surat Edaran
Tentang Penguatan Transisi Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar Kelas Awal. Kemdikbud ristek, hlm.1-8
Copyright (c) 2023 Hayani Wulandari, Putri Dwi Fachrani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.