Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Meronce Melalui Media Looseparts di TK Batu Pole
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kognitif melalui kegiatan meronce pada kelompok A TK Batu Pole. Subjek dari penelitian ini adalah anak usia dini 4-5 tahun dari kelas A dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang yang terdiri dari 6 siswi perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu metode penelitian yang dilakukan melalui proses evaluasi yang terdiri dari 4 tahapan utama yaitu 1. perencanaan tindakan, 2. pelaksanaan tindakan, 3. observasi, dan 4. refleksi. Hasil penelitian yang telah diperoleh. Hasil penelitian di TK IT Umar Bin Khathab Kudus mengalami peningkatan kemampuan kognitif mengenal pola melalui kegiatan meronce menggunakan media merjan mengalami peningkatan dimana meronce dengan 2 pola warna dari 50 % pada siklus I menjadi 75 % dan meronce dengan 3 pola,bentuk dari 60 % pada siklus I menjadi 80 %.
Downloads
References
Panitia Sertifikasi Guru Melalui PLPG Rayon. 2018. Suplemen Bahasa Ajar PLPG 2017. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Aguss Rachmi Marsheilla. 2021. “Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal.” Sport Science & Education Journal 2(1).
Ayu, Mulyawartini Gusti. 2019. “Melalui Kegiatan Meronce Bentuk Dan Warna Dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Pada Kelompok B TK Harapan Kelayu.” Jurnal Edukasi dan Sains 1(1).
Harisa, Riris. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna Melalui Media Lotto Warna.” : : Journal on Early Childhood 1(1).
Isnawati, dan Muhammad Sapii Harahap. 2022. “No TMelatih Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Studi Kasus Lembaga Pendidikan Islam di Aceh Tengahitle.” Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah III(2).
Jalilah, Marhamah. 2008. “Kemampuan Kognitif Anak Dalam Pemecahan Masalah Melalui Media Monopoli.” Jurnal ceria 1(6).
Jarwani. 2022. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Variatif dengan Media Loose.” Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak 1(1).
Junil, Hera Andi, dan Fadhilah Latief. 2020. “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meronce Kelompok B Tk Islam Nurussalam Kabupaten Maros.” Jurnal pemikiran dan penelitian anak usia dini 6(2).
Lathipah Hasanah, Shinta Agung. 2018. “Kemampuan Pengenalan Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal PAUD Agapedia 2(2).
Lolita, Indraswari. 2012. “Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam.” Jurnal Pesona PAUD 1(1).
Oktafiani Anisa, Rakimahwati. 2023. “Penerapan Kegiatan Meronce dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus di Lembaga PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(2).
Sabaria, Agustina. 2018. “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Bermain Dengan Barang Bekas.” Jurnal Ilmiah Potensia 3(1):24–33.
Sani Rumahenga, Adhe Kartika Rinakit. 2019. “Pengembangan Kit Meronce Pada Keterampilan Motorik Halus Anak Kelompok A Di TK Taman Ceria Manyar Airdas Surabaya.” Jurnal PAUD Teratai 8(03).
Sujiono Yuliani Nurani. 2004. Metode perkembangan Kognitif. Universitas terbuka. Jakarta
Utami, Elni Nur. 2008. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Meronce.” JURNAL CERIA 1(1).
Wahyuningrum Maria Dwi Sari, Watini Sri. 2022. “Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):5384–96.
Wayan, Pratiwi Ni, Darsana Mita, dan Putra I. Ketut Adnyana I Wayan. 2017. “Pengaruh Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Ronce Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B TK Gugus Paud III Melati.” e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha 5(1).
Zaman, Badru. 2016. Media Pembelajara
Copyright (c) 2023 mariaulfah arman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.