Implementasi Virtual Journey sebagai Media Belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
Perkembangan teknologi informasi memberikan peluang yang besar bagi pendidik anak usia dini mengembangan media belajar bagi keberlangsungan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini mendiskripsikan tentang kegiatan video conference dengan gmeet yang dikemas secara virtual journey di TK ABA Tegalsari, Banguntapan, Bantul. Meski pendemi telah berlalu, namun kegiatan virtual journey ini dirasakan masih relevan dilaksanakan sebagai alternatif media belajar bagai anak didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan virtual journey yang dilakukan guru sebagai media belajar anak usia dini di TK ABA Tegalsari, Banguntapan, Bantul. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan yang dilakukan guru, pelaksanaan virtual journey, dan evaluasi kegiatan virtual journey yang dilakukan. Melalui virtual journey anak didik dapat berinteraksi dan mendapat informasi tentang tema dan sub tema secara langsung dengan video conference gmeet.
Downloads
References
Darmansyah. (2018). Sumber Belajar Dalam Pendidikan Anak Usia Din. 1–12.
Debeturu, B., & Wijayaningsih, E. L. (2019). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Magic Puffer Ball. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 233. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.180
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.63
Fauzidin, M. (2014). Peningkatan kemampuann klasifikasi melalui media benda kongkret pada anak kelompo A TK Cahaya Kembar. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2, 14.
Hijriyani, D. (2019). Media Pembelajaran Sains Terpadu (Rancang Bangun Media Pembelajaran Sains Berbantuan Komputer) (Vol. 2019, Issue Snati). https://doi.org/https://osf.io/preprints/inarxiv/9wun2/
Ismai. (2021). Efektifitas Penggunaan Daring Bagi Anak PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 61–66.
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
Khadijah, K., & Gusman, M. (2020). Pola Kerja Sama Guru Dan Orangtua Mengelola Bermain Aud Selama Masa Pandemi Covid-19. Kumara Cendekia, 8(2), 154. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41871
Musril, H. A., Jasmienti, J., & Hurrahman, M. (2020). Implementasi Teknologi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 9(1), 83. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.23215
Ulfa, S. (2016). Pemanfaatan teknologi bergerak sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini. Edcomtech, 1(1), 1–8.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. In Prenamedia (Vol. 1).
Zaman, B. (2014). Esensi Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Dan Sumber Belajar TK, 1–39.
Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 34. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf
Copyright (c) 2023 Diah Pratiwi, Dian Hidayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.