Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Di OISCA Jakarta Multicultural Kindergarten

  • Khusniyati Masykuroh Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Fani Fajriah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Abstract

Penanaman karakter merupakan proses pendidikan dalam membentuk nilai-nilai kebaikan yang dilakukan melalui pembiasaan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan yang dalam menanamkan karakter peduli lingkungan pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian bertempat di OISCA Jakarta Multicultural Kindergarten yang merupakan satuan Pendidikan Anak Usia Dini internasional berbasis Jepang berlokasi di Jakarta Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan berbagai informasi bagaimana proses penanaman karakter pembelajaran sehari-hari yang dilakukan di OISCA pada peserta didik di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penanaman karakter peduli lingkungan di OISCA melalui pengembangan kurikulum sekolah, pengembangan proses dalam pembelajaran, dan kesehatan lingkungan pendidikan di sekolah. 

Keywords: Penanaman, Karakter Peduli Lingkungan, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriana, S., & Hidayat, N. (2022). Internalisasi Nilai Keagamaan dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(2), 1914–1921. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2246

Ardianti, S., Fitriani, A., Inka, Y., Simbolon, C., Ardianti, S., & Fitriani, A. (n.d.). Riko The Series Sebagai Media Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Untuk Anak Sekolah Dasar Abstrak. 1238–1247.

Elmy, M., & Winarso, H. P. (2019). Kepedulian Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan (Studi terhadap Warga di Bantaran Sungai Kuin Kota Banjarmasin). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 51. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.7553

Fakhriyani, D. V. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Sebagai Salah Satu Jawaban Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Untuk Menggapai Bonus Demografi. Wacana Didaktika, 5(01), 76–90. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.01.76-90

Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Iswantiningtyas, V., & Widi Wulansari. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. The ICECRS, 1(3), 197–204. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396

Khaironi, M. (2017). Golden Age Universitas Hamzanwadi, 01(2), 82–89.

Khoiri, F. F., & Hidayati, Y. M. (2022). Pemanfaatan Daun Kering untuk Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5014–5020. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2999

Marietta, A. D. (2021). Meningkatkan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan berkebun pada anak kelompok b ra perwanida 4 jakabaring palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4088

Masduki, M., & Setyowati, N. (2022). Implementasi Program Getol Beriman Dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan Di SDIT Qurrota Ayun Ponorogo. 2(2), 29–35.

Muttaqien, K., Sugiarto, & Sarifudin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Kesehatan Lingkungan Melalui Program Bank Sampah. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 1(1), 6–10. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJACE/article/view/19997

Ozsoy, S., Ertepinar, H., & Saglam, N. (2012). Can eco-schools improve elementary school students’ environmental literacy levels? Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 13(2).

Ramadhani, N. N., & Masykuroh, K. (2022). Pengembangan Media FLashcard Untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 190–201.

Sabardila, A., Budiargo, A. D., Wiratmoko, G., Himawan, J. A., Triutami, A., Intansari, A., Setiyowati, D., Cahyani, D. H. T., Handayani, R., & Suistri, S. (2020). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 35–41. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v1i2.10763

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151

Sitorus, L., & Lasso, A. H. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembiasaan dan Pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2206–2216. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/755

Sofyan, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Sofyan Mustoip Muhammad Japar Zulela Ms 2018.
Published
2023-06-30
Abstract viewed = 657 times
PDF downloaded = 343 times

Most read articles by the same author(s)