Penilaian Penilaian dan Kriteria Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Serang

  • Aisya Dinda Suci Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rika Helmalia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Aisyah Dwi Pratama Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penilaian kinerja guru sangat penting dilakukan untuk memberikan informasi maupun umpan balik atas kegiatan yang sudah dilakukan di sekolah. Informasi yang didapat dari penilaian ini yaitu berupa kemampuan, kelebihan serta kekurangan guru selama mengajar. Kegiatan supervisi ini dapat memberikan output dimana berbentuk informasi atas kinerja guru dan meninggalkan pertanyaan apakah kinerja guru ini sudah memenuhi standar atau kriteria yang telah ditetapkan sekolah. Informasi yang di dapat dari supervisi harus ditindak lanjuti agar memberikan hasil yang nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian dan kriteria kinerja guru melalui kegiatan supervisi kepala sekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan supervisi akademik kepala sekolah dapat dikatakan dalam kategori baik. Kegiatan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka pembinaan guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Serang yaitu meliputi kunjungan kelas, memberikan kesempatan untuk berkonsultasi langsung, dan memberikan penugasan kepada guru untuk mengikuti kegiatan pelatihan.

Keywords: penilaian, kinerja guru, supervisi kepala sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriyuan. (2018). Meningkatkan Profesionalisme Guru Mengajar Melalui Penerapan Penilaian Kinerja Guru Di Smp Negeri 5 Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Pajar, 2(4), 497–504. m

Asyari, S. (2020). Supervisi Kepala Madrasah Berbasis Penilaian Kinerja sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru. Jieman: Journal Of Islamic Educational Management.

Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurjyati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran di Rumah sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Fadilah, C., Rini, R., & Nawangsasi, D. (2019). Motivasi Kerja Guru PAUD dan Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Harimurti, E. R. (2019). Supervisi Akademik Dalam Upaya Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Buah Hati, 6(2), 78.

Henny, H. (2021). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pada Sma Methodist Kota Banda Aceh. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951- 952. 2013-2015.

Iskandar, A. (2020). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 69-82.

Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Kamijan, Y. (2021). Faktor Internal Dan Faktor Eksternalterhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid19. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi.

Krisdiyanto, G., & Istikomah. (2019). Manajemen Supervisi Akademi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Muhammadiyah 2 Taman Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2).nandvivek

Nurkolis, N., & Muhdi, M. (2020). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212-228

Nurmala, N. (2021). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SDN 17 Rupat Melalui Supervisi Akademik. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,10(6),1533.https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8582

Pujianto, P., Arafat, Y., & Setiawan, A. A. (2020). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Air Salek. Journal of Education Research, 1(2),106–113.

Purwanto, M. N. (2019). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan.

Ridwan, A., Aina, N., Anwar, K., & Suryani, D. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Analisis Supervisi Kepala TK Al-Himmah Muara Tebo). Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(01), 1-12.

Rivai, A. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1).

Sohim, B., Syah, S., & Hanafiah, H. (2021). Kompetensi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAI Di SMP Nurul Ihsan Banjaran Kabupaten Subang Jawa Barat. Manajemen Pendidikan.

Suchyadi, Y., Karmila, N., & Safitri, N. (2019). Kepuasan Kerja Guru Ditinjau Dari Peran Supervisi Kepala Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Bogor Utara. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar.

Suharto. (2018). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2)

Syam, A. S. M. (2021). Supervisi Akademik Kepala TK Terhadap Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 163-174.

Tanjung, R. (2020). Kepemimpinan & Perilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Published
2023-06-23
Abstract viewed = 296 times
pdf downloaded = 144 times